Lima Jenis Makanan Sehat yang Sedang Tren
Untuk mendapatkan smoothie bowl yang sehat, sebaiknya Anda membuat sendiri smoothie bowl sendiri. (Foto: Alex Block/Unsplash.com)
Jakarta: Akhir-akhir ini ada banyak makanan sehat yang cukup banyak digandrungi oleh masyarakat. Hal tersebut sangat bagus karena itu menunjukkan bahwa saat ini perhatian terhadap makanan sehat sudah cukup banyak dipahami oleh banyak orang.

Mengonsumsi makanan sehat tentu saja memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, dari segi fisik maupun mental. Dan berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat yang sedang menjadi tren di masyarakat.

1. Smoothie bowl
Meskipun smoothie bowl terdengar dan terlihat sangat sehat, namun terkadang mereka hanya berisi karbohidrat kosong. "Itu semua tergantung dari bagaimana cara Anda membuatnya, namun saya sering melihat beberapa resep yang menambahkan tiga sampai lima porsi buah, di mana itu berarti terlalu banyak gula," kata ahli diet terdaftar dari Texas, Lauren Ott.


Untuk mendapatkan smoothie bowl yang sehat, sebaiknya Anda membuat sendiri smoothie bowl Anda agar bisa lebih mengontrol komposisinya. 

(Baca juga: Smoothie Ini Bisa Bantu Tingkatkan Kesuburan Perempuan)


(Untuk mendapatkan smoothie bowl yang sehat, sebaiknya Anda membuat sendiri smoothie bowl sendiri. Foto: Brenda Godinez/Unsplash.com)

2. Minyak kelapa
Menurut Ott, jika minyak kelapa dikonsumsi dalam jumlah sedang dan bukan satu-satunya jenis lemak yang Anda konsumsi maka itu akan baik-baik saja. "Saya pasti tidak akan merekomendasikan Anda untuk menambahkannya ke dalam kopi Anda setiap pagi," kata Ott. 

"Tidak ada data konklusif yang menunjukkan bahwa minyak kelapa berbeda dari lemak jenuh yang ditemukan dalam mentega atau butter." Untuk tetap sehat, gunakan minyak kelapa sebagai dalam jumlah kecil ketika Anda membuat makanan dan tidak menjadikannya sebagai sumber lemak satu-satunya.

3. Hummus
"Hummus mulai terkenal karena kalorinya yang cukup rendah dan bisa dicampurkan dengan makanan tambahan lainnya," kata Heather Bainbridge, EdM, MA, ahli diet terdaftar. "Dalam porsi hanya seperempat cangkir (sekitar 61 gram), hummus dapat digunakan sebagai saus atau bumbu dan dapat menambahkan dorongan nutrisi ke sandwich atau sayuran." 

4. Fast food salad
Menurut Bainbridge, salad kemasan yang dijual di gerai-gerai restoran cepat saji biasanya memiliki kalori yang lebih besar daripada yang disadari. Dalam satu porsi salad kemasan, saus salad yang ada di dalamnya biasanya bisa mengandung 400 kalori. "Empat sendok makan saus salad sudah cukup untuk ditambahkan ke dalam salad kemasan yang Anda beli di resrtoran cepat saji."






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id