Berikut ini jenis-jenis tahu dan cara memasaknya. (Foto: Pexels.com)
Berikut ini jenis-jenis tahu dan cara memasaknya. (Foto: Pexels.com)

Jenis-jenis Tahu dan Cara Memasaknya

Rona kuliner
Raka Lestari • 07 Juli 2020 15:34
Jakarta: Tahu merupakan salah satu sumber protein nabati yang baik dan bisa dengan mudah didapatkan. Selain itu, tahu juga memiliki harga yang cukup terjangkau sehingga hampir semua orang bisa membelinya.
 
Kacang kedelai menjadi bahan utama dalam pembuatan tahu. Namun ternyata, tahu memiliki berbagai jenis dan kegunaan. Melissa Leong, juri MasterChef dan seorang food writer menjelaskan mengenai jenis-jenis tahu dan cara memasaknya sebagai berikut:

1. Tahu sutra (Silken tofu)

Tahu jenis ini memiliki tekstur yang halus dan lembut, sehingga tahu jenis ini sangat cocok dimasak sebagai sup atau dikukus bersama minyak. “Tahu ini sangat mudah rusak, sehingga Anda sebaiknya tidak mengaduknya dengan kasar karena dapat membuat tahu hancur seketika,” ujar Melissa Leong.
 
Salah satu hidangan klasik yang bisa dibuat menggunakan tahu ini adalah Agedashi tofu, di mana tahu halus yang sudah dilumuri tepung akan digoreng kemudian disajikan dengan kecap asin. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jika Anda memasaknya dengan tepat, akan menghasilkan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam.” Agar menghasilkan tahu yang renyah, saat membuat hidangan ini bisa menggunakan tepung tapioka untuk membalut tahu sebelum digoreng.
 
Jenis-jenis Tahu dan Cara Memasaknya
(Berbagai jenis tahu bisa Anda kreasikan. Foto: Pexels.com)

2. Tahu kuning (Regular tofu)

Tahu jenis ini biasanya memiliki tekstur yang agak sedikit kenyal, lebih padat dibandingkan tahu sutra tetapi lebih lembut dibandingkan tahu keras. Tahu jenis ini sebaiknya digoreng seperti bentuk aslinya dan bisa digunakan untuk dijadikan hidangan Asia seperti Mapo tofu. “Anda juga bisa merendam tahu jenis ini dalam sup, mengukusnya seperti tahu sutra atau menggunakannya sebagai isian untuk pangsit,” ujar Melissa Leong.

3. Tahu keras (Firm tofu)

Tahu jenis ini terkadang dijual dalam bentuk ekstra padat atau ekstra keras. Tahu jenis ini merupakan yang paling keras dibandingkan jenis tahu lainnya, sehingga paling baik disajikan dengan menggorengnya atau dijadikan tumisan, saran Melissa Leong. Tahu keras jauh lebih kering daripada tahu sutra, dan beberapa orang suka menekannya untuk menghilangkan lebih banyak air.
 
“Sebenarnya Anda tidak perlu melakukan hal tersebut, cukup mengeringkan tahu keras dengan kertas dapur juga sudah bisa menghilangkan kelebihan air di dalamnya. Setelah itu, barulah Anda bisa menggunakan tahu untuk dimasak,” kata Melissa Leong.
 

(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif