Museum Konferensi Pers kerap menjadi tempat Konferensi Asia Afrika (KAA). Foto: Widodo S Jusuf/Antara)
Museum Konferensi Pers kerap menjadi tempat Konferensi Asia Afrika (KAA). Foto: Widodo S Jusuf/Antara)

Intip Aneka Wisata di Bandung dari yang Murah hingga Mistis

Rona Wisata Bandung
Dhaifurrakhman Abas • 09 Mei 2019 21:13
Bandung tak hanya tentang panorama alam yang indah. Berbagai wisata kuliner terus berkembang di Negeri Pasundan itu. Selain itu ada juga banyak wisata mistis yang menjadi favorit para pelancong ekstrem.
 
Jakarta: Libur Lebaran tak lama lagi. Sudah saatnya meluangkan waktu sejenak untuk merehatkan pikiran dari pekerjaan.
 
Tentu saja, berlibur merupakan salah satu kegiatan yang paling baik untuk merehatkan pikiran Anda. Apalagi berlibur di tempat yang masih asri, dikelilingi pegunungan, udara sejuk, dan rerumputan hijau.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagi yang bekerja di ibu kota, tentu Bandung jadi pilihan tepat untuk berlibur. Sebab, Bandung terkenal dengan panorama alamnya yang indah.
 
Bahkan keindahan Negeri Pasundan disebut sebagai salah satu yang terindah di dunia. Budayawan Martinus Antonius Weselinus Brouwer atau dikenal dengan M.A.W Brouwer pernah bergumam atas keindahan kota itu.
 
“Bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum," ujar M.A.W Brouwer.
 
Nah, bagi Anda yang tertarik namun bingung menentukan perjalanan wisata ke Bandung, jangan khawatir. Anda bisa memanfaatkan paket perjalanan wisata yang siap membawa Anda menikmati indahnya negeri Pasundan.

1. Wisata alam dan kuliner di Bandung

Perjalanan wisata alam dan juga kuliner di kota Bandung, Lembang serta Ciwidey bisa jadi pilihan Anda. Perjalanan jangka pendek bisa Anda tempuh dengan satu sampai tiga hari saja.
 
Misalnya saja Situ Cileunca (tarif masuk Rp10.000) di Pengalengan, Ciwangun Indah Camp (tarif masuk Rp7.000) di Parongpong, atau Bandung Treetop Adventure Park (tarif masuk Rp10.000) di Cikole.
 
Intip Aneka Wisata di Bandung dari yang Murah hingga Mistis
Suasana di Situ Cileunca. (Foto: The Cabin Ciluenca)
 
Untuk wisata kuliner di Bandung yang murah Anda bisa menjajal Mie Kocok Pak Haji Endan di Setia Budi, Dago, atau Braga. Seporsi mie kocoknya hanya Rp15.000 saja.
 
Selain itu ada Batagor Ihsan yang sudah terkenal yang berada di Cikawao, dan harganya sekitar Rp8.500. Tempat kuliner murah lainnya di Bandung Anda bisa mencoba Prasmanan Ceu' Mar di Jalan Banceuy, Lotek Macan di Lodaya Bandung, Mie Merapi di Bandung, dan penyuka pedas bisa mencoba Bakso Hot Jeletot di Jalan Soekarno-Hatta, Cinambo, Bandung.

2. Wisata heritage

Anda bisa mengunjungi Gua Belanda yang berada di Taman Hutan Raya Juanda, Cimenyan, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, atau Gedung Indonesia Menggugat.
 
Selain tiga tempat di atas Anda bisa melihat wisata heritage di Villa Isola dengan desain arsitektur unik di Jalan Dr. Setiabudhi. Pilihan lainnya N. I Escompto M.I.J di Jalan Asia-Afrika. Keunikan bangunan ini bisa Anda lihat melalui jamnya. Angka-angkanya masih tertulis dengan angka Romawi.
 
Intip Aneka Wisata di Bandung dari yang Murah hingga Mistis
Vila Isola Bandung (Foto: @guggyguggy @infobdgcom)
 
Pilihan wisata heritage di Bandung lainnya adalah Museum Konferensi Asia Afrika, De Majestic, Gedung Sate, atau Dakken yang merupakan rumah zaman kolonial Belanda.

3. Wisata misteri di Bandung

Gua Belanda Dago Pakar. Mitosnya Anda tidak boleh mengatakan kata 'Lada'. Kata tersebut merupakan nama tokoh setempat yang dikultuskan.
 
Selain ke tempat di atas, Anda bisa mencoba untuk menguji nyali ke Bandung Medical Center, berlokasi di lapangan Gasibu, Bandung. Sebenarnya rumah sakit tersebut pernah direnovasi, tapi karena terjadi masalah saat pembangunannya, sampai saat ini rumah sakit tersebut dibiarkan terbengkalai dan hanya dijaga oleh beberapa orang.
 
Intip Aneka Wisata di Bandung dari yang Murah hingga Mistis
Wajah depan bangunan RS Bandung Medical Center yang terbengkalai (Foto: Seputar Mistis)
 
Rumah Ambulance di Jalan Bahureksa terkenal karena beberapa tahun yang lalu ketika ada film yang mengangkat cerita mengenai rumah tersebut. Selain tempat tersebut, ada juga Waduk Saguling. Di waduk ini konon banyak pekerja yang meninggal karena tumbal dari makhluk gaib waduk ini.
 
Wisata misteri lainnya juga bisa Anda jajal di Patung Pastor di Taman Maluku. Patung ini berada di komplek Taman Maluku, berseberangan dengan Kodam III/Siliwangi dan Kantor Dinas Penduduk dan Catatan Sipil Kota Bandung. Jika Anda melihat tatapan matanya begitu realis. Sehingga orang yang melihat dengan rasa takut.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif