Acar juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh yang mengonsumsinya. (Foto: Dok.MI)
Acar juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh yang mengonsumsinya. (Foto: Dok.MI)

Peran Penting Acar dalam Sajian Sate Kambing

Rona kesehatan kuliner
Dhaifurrakhman Abas • 04 Januari 2019 10:05
Jakarta: Mengonsumsi sate kambing rasanya tak lengkap tanpa acar. Makanan ini membantu menambah sentuhan asam dari citra rasa daging kambing yang gurih.
 
Acar biasanya terbuat dari kombinasi buah dan sayur. Ada wortel, mentimun, nanas, dan air cuka. Bahan-bahan alami tersebut baik dikonsumsi lantaran mengandung radikal bebas.
 
Tapi rupanya, mengkombinasikan acar pada sate kambing ataupun sajian serba daging lainnya tak boleh disepelekan. Berikut penjelasannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Menetralisir Kolesterol
Mengonsumsi sate kambing mungkin jadi pilihan setiap orang. Hanya saja, jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan naiknya kadar kolesterol dalam darah. 
 
Nah, di sini acar berperan. Selain merupakan makanan dengan antioksidan, acar juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh yang mengonsumsinya.
 
2. Mengontrol Tekanan Darah
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa garam yang disajikan pada makanan sajian berdaging menyebabkan tekanan darah tinggi. Hal ini pada gilirannya berdampak buruk karena bisa menyebabkan risiko penyakit jantung.
 
Sayangnya, sate kambing maupun makanan keseharian yang kita konsumsi tak lepas dari kandungan garam. Kehadiran garam menjadi salah satu bumbu penyedap rasa.
 
Untuk itu, Anda tak boleh meremehkan fungsi Acar yang ada pada sate kambing. Kandungan buah dan sayur pada acar bisa menjaga tekanan darah tetap stabil karena mengandung magnesium, potasium, dan fosfor.
 
3. Probiotik
Biasanya, acar tradisional dibuat melalui proses fermentasi. Proses ini melibatkan penuangan acid dan air asin yang menyebabkan acar mengandung asam laktat alias probiotik. 
 
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kandungan probiotik dikenal baik buat usus. Termasuk membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare. 
 
Hobi Kuliner? Gak Perlu Takut Kolesterol 

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif