Keempat Chef Tanah Air Chef Yuda Bustara, Chef Gupta Sitorus, Chef Kevindra Soemantri dan Chef Primo Rizky saat menyajikan masakan Indonesia di New Delhi, India (Foto: Willy Haryono/Medcom.id)
Keempat Chef Tanah Air Chef Yuda Bustara, Chef Gupta Sitorus, Chef Kevindra Soemantri dan Chef Primo Rizky saat menyajikan masakan Indonesia di New Delhi, India (Foto: Willy Haryono/Medcom.id)

Empat Chef Tanah Air Perkenalkan Kuliner Indonesia di India

Rona kuliner
Willy Haryono • 12 Agustus 2019 10:58
Dalam Indonesian Food Festival 2019 yang berlangsung di India ini, keempat chef selebriti tersebut memperkenalkan beragam kuliner Indonesia. Bahkan hingga hidangan penutup yang sehari-hari dikonsumsi orang Indonesia. Seperti surabi atau dadar gulung.
 
New Delhi: Empat chef selebriti ternama Indonesia unjuk kebolehan dalam menyuguhkan ragam masakan nusantara di Leela Palace Hotel di New Delhi, India, Minggu 11 Agustus 2019. Ini merupakan fase ketiga dalam rangkaian Indonesian Food Festival yang digelar di India sejak tanggal 6 hingga 14 Agustus mendatang.
 
Indonesian Food Festival 2019 digelar dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan diplomatik dan persahabatan Indonesia-India.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Chef Yuda Bustara, Chef Gupta Sitorus, Chef Kevindra Soemantri dan Chef Primo Rizky menghidangkan lebih dari 20 menu khas Indonesia. Seperti di antaranya soto ayam, tongseng kambing, nasi daun jeruk, kering tempe, bakwan sayur, pepes tahu, ayam kalio, kentang balado, dan kakap tuturuga.
 
Empat Chef Tanah Air Perkenalkan Kuliner Indonesia di India
Kentang Balado, masakan rumahan yang mampir di India. (Foto: Willy Haryono/Medcom.id)
 
Terdapat pula gado-gado, satu dari lima hidangan yang telah dinyatakan pemerintah Indonesia sebagai kuliner Khas Nusantara. Gado-gado dibuat langsung keempat chef di hadapan para pengunjung agar cita rasanya tetap terjaga dengan baik.
 
"Beberapa tahun lalu, saat ditanya apa sih makanan khas Indonesia, kami kebingungan menjawab karena ada ribuan hidangan nusantara. Tapi tahun lalu pemerintah Indonesia telah menetapkan lima makanan khas Indonesia, dan kami menghadirkannya hari ini," kata Chef Gupta.
 
Lima makanan yang telah ditetapkan Kementerian Pariwisata sebagai khas Indonesia adalah nasi goreng, soto, gado-gado, rendang dan sate.
 
Kevindra Soemantri, chef yang pernah mengikuti acara kompetisi memasak di televisi, mengatakan bahwa ada banyak kesamaan antara masakan Indonesia dan India. Terutama untuk kuliner di Pulau Sumatra. Kesamaan yang dapat dilihat adalah dari cara memasak, bumbu, dan sejumlah peralatannya.
 

"Seperti penggunaan kuali besar untuk memasak, yang sama-sama digunakan dalam memasak hidangan India dan Indonesia. Atau saat memasak rendang dan gulai, prosesnya hampir sama dengan beberapa hidangan di India," ucap Chef Kevindra.
 
Duta Besar Indonesia untuk India, Sidharto Suryodipuro, turut hadir menikmati deretan kuliner bersama para Dubes lainnya dan sejumlah vlogger serta kritikus masakan.
 
Empat Chef Tanah Air Perkenalkan Kuliner Indonesia di India
Duta Besar Indonesia untuk India, Sidharto Suryodipuro, melepas kerinduan dengan mencicip masakan Tanah Air di Indonesian Food Festival 2019. (Foto: Willy Haryono/Medcom.id)
 
Menurut Dubes Sidharto, festival ini penting untuk memperkenalkan masakan Indonesia ke publik India. "Acara ini mengangkat visibilitas Indonesia di India," ujar Dubes Sidharto.
 
Dibantu seorang asisten bernama Jovan Hernando dari Universitas Podomoro, empat chef selebriti juga menghadirkan deretan dessert atau hidangan penutup seperti dadar gulung, surabi, kolak pisang, dan ketan srikaya. Terdapat satu hidangan penutup unik yang cukup mengejutkan para pengunjung: es krim kecap manis.
 
Empat Chef Tanah Air Perkenalkan Kuliner Indonesia di India
Hidangan penutup seperti dadar gulung pun disajikan di Indonesian Food Festival 2019. (Foto: Willy Haryono/Medcom.id)
 
Fase ketiga dari Indonesian Food Festival 2019 digelar di restoran Le Cirque yang berada di dalam Leela Palace Hotel. Le Cirque adalah salah satu hotel paling prestisius di India, yang pernah didatangi sejumlah tokoh internasional seperti George H. W. Bush, Barack Obama dan juga Presiden Joko Widodo.
 

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif