Starbucks--Sandra Odilifia
Starbucks--Sandra Odilifia

Gerai Kopi Asal Amerika Kepincut Kopi Indonesia

Rona kopi
Medcom • 11 September 2019 11:39
Jakarta: Cita rasa kopi asli Indonesia sudah tersohor di mancanegara sejak lama. Sampai-sampai gerai kopi asal Amerika Serikat, Starbucks kepincut.
 
Starbucks mengimpor biji kopi terbaik dari berbagai daerah. Diantaranya, Sumatera hingga Jawa Barat.
 
Biji kopi terbaik yang pernah ada di Starbucks yakni Starbucks Reserve Jawa Barat, Starbucks Reserve Sumatra Blue Batak, Starbucks Reserve Lake Toba, Starbucks Reserve Aged Sumatra, Starbucks Reserve Bali Batur Volcano. Yang terbaru hadir adalah Starbucks Reserve Sulawesi Toraja Sapan Village dan Starbucks Sumatra (medium roast).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kopi reserve tersebut dipilih berdasarkan rasa yang unik dan khas serta sourcingnya terbatas. Rasa yang standout membuatnya tak bisa disamakan dengan biji kopi yang lain.
 
Biji kopi yang tersedia selalu berganti dalam tiga bulan. "Rasa kopi setiap tahun berubah bergantung pada cuaca. Tahun ini dan tahun depan rasa kopi tidak sama," kata coffe master Mirza Lukman di Starbucks Reserve Hotel InterContinental Jakarta, Selasa, 10 September 2019.
 
Q-Grader dan coffe enthusiast Mirza mengatakan, kopi Indonesia tak hanya dijadikan sebagai alat komunikasi marketing saja, tetapi juga untuk serius membangun areal perkebunannya.
 
Dengan reboisasi dan melestarikan areal perkebunan, Indonesia akan terus mampu menghasilkan biji kopi terbaik dan tetap menduduki posisi lima negara terbesar eksportir kopi di dunia. "Jadi apapun yg diambil dari tanah indonesia ya kita balikin lagi," ujar Mirza.
 
Mirza menambahkan, bantuan berupa akses air bersih, pembangunan klinik kesehatan, renovasi sekolah hingga pembinaan kepada kelompok tani diberikan guna mensejahterakan masyarakat di sana.
 
Di samping itu, pihaknya juga menjelaskan makna dibalik bungkus kopi Starbucks. Salah satunya Sulawesi Toraja Sapaan Village yang dimana memiliki makna indah, ceria, sebuah dataran tinggi dan curah hujan yang cukup tinggi.

 
(Sandra Odilifia).
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif