Ketika Anda menggoreng makanan dalam jumlah yang banyak, sebaiknya Anda perlu memperhatikan untuk tidak menggorengnya sekaligus. (Foto Ilustrasi: Rani George/Unsplash.com)
Ketika Anda menggoreng makanan dalam jumlah yang banyak, sebaiknya Anda perlu memperhatikan untuk tidak menggorengnya sekaligus. (Foto Ilustrasi: Rani George/Unsplash.com)

Kesalahan-kesalahan yang Sering Dilakukan saat Menggoreng

Rona tips memasak
Raka Lestari • 17 Maret 2019 17:40
Jakarta: Meskipun terlihat mudah, ternyata ketika sedang menggoreng pun terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar hasil dari makanan yang digoreng bisa renyah dan menghasilkan tampilan yang menggoda.
 
Tidak hanya minyak untuk menggoreng, namun pengaturan suhu juga perlu diperhatikan. Hal ini dilakukan agar tidak hanya menghasilkan gorengan yang nikmat, tapi juga efisien.
 
Namun ternyata masih banyak orang yang sering melakukan beberapa kesalahan saat menggoreng. Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika sedang menggoreng:

Menggoreng pada suhu yang terlalu panas

Untuk mendapatkan ayam goreng atau berbagai macam makanan gorengan yang renyah, pastikan minyak pada suhu sekitar 325 - 390o F. Jika terlalu panas, makanan yang Anda goreng akan terlalu cepat matang, terlalu kering atau bahkan menjadi gosong namun mentah di bagian dalam.

Menggoreng di suhu yang terlalu rendah

Anda harus memperhatikan kondisi minyak saat menggoreng. Sebab banyak yang menggoreng dengan suhu terlalu rendah. Jika minyak yang digunakan terlalu rendah akan menghasilkan gorengan yang lembek dan tidak renyah. Anda bisa menggunakan termometer yang biasa digunakan untuk memasak agar Anda bisa dengan tepat menggoreng.

Menggunakan minyak yang tidak tepat

Hindari menggunakan minyak zaitun ketika ingin menggoreng, karena minyak jenis ini memiliki titik panas yang rendah dan memiliki harga yang cukup mahal. Baiknya, pakai minyak canola yang memiliki titik panas yang tinggi dan rasa netral, sehingga tidak mengacaukan rasa asli makanan Anda.

Menggoreng terlalu banyak dalam sekali goreng

Ketika Anda menggoreng makanan dalam jumlah yang banyak, sebaiknya Anda perlu memperhatikan untuk tidak menggorengnya sekaligus. Makanan-makanan tersebut membutuhkan ruang untuk bergerak dan matang sempurna. Untuk itu, lakukan beberapa kali penggorengan agar semua makanan bisa matang secara merata.

Menggoreng makanan yang terlalu besar

Memotong makanan menjadi ukuran yang lebih kecil memang dapat membuat kecepatan memasak Anda berkurang. Akan tetapi memotong bahan makanan yang terlalu besar menjadi bagian-bagian kecil, tidak hanya membuat setiap bagian matang sempurna. Tapi juga membuat makanan Anda lebih cepat matang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif