Mengenal tahu bau atau stinky tofu dari Dai's House of Unique Stink, makanan yang dicari di Taiwan. (Foto: Dok. Scmp.com)
Mengenal tahu bau atau stinky tofu dari Dai's House of Unique Stink, makanan yang dicari di Taiwan. (Foto: Dok. Scmp.com)

Mengenal Hidangan Tahu Bau dari Taiwan

Rona kuliner taiwan tahu bau atau stinky tofu Dai House of Unique Stink
Raka Lestari • 24 Mei 2020 10:00
Jakarta: Makanan yang berbau tidak sedap tentunya akan banyak dijauhi orang. Akan tetapi, hal tersebut berbeda di Taiwan. Sebuah restoran yang menjual tahu dengan bau yang tidak sedap justru menjadi favorit para pelanggannya.
 
Sebuah restoran di Taiwan bernama Dai’s House of Unique Stink di Yongji Road, Xinyi District, Taipei City, Taiwan menjual hidangan tahu yang berbau tidak sedap. Restoran ini bahkan harus berpindah tempat sebanyak tujuh kali karena baunya yang tidak sedap tersebut.
 
Salah satu hidangan favorit di Taiwan ini berasal dari ramuan fermentasi dari bakteri hidup dan banyak bau lainnya. Aromanya yang menyengat tersebut bahkan disamakan dengan sampah yang busuk, daging busuk, dan bahkan bau kaki. Meskipun begitu, banyak orang yang menyukai tahu bau ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wu Hsu Pi-ying, pemilik restoran Dai’s House of Unique Stink menceritakan, “Restoran yang saya miliki ini berada di Taipei, tepatnya Xinyi District dan saya menjalankan restoran Dai’s House of Unique Stink dengan hidangan spesialnya yaitu tahu bau,” ujarnya.
 
“Menjual tahu bau ini sama seperti menjual makanan pedas. Orang-orang yang menyukainya akan menganggap bahwa tahu yang paling bau masih belum terlalu kuat baunya. Sehingga mereka selalu meminta tahu yang lebih bau lagi dan lebih bau lagi,” ujar Pi-ying.
 
Mengenal Hidangan Tahu Bau dari Taiwan
(Resto Dai's House of Unique Stink tampak dari depan. Foto: Dok. Taipeiexpat)
 
Ia menambahkan bahwa para pelanggannya bahkan ada saja yang merasa bahwa tahu bau yang disajikan masih belum terlalu bau. “Padahal ada beberapa pelangga lain yang justru tidak kuat sama sekali dengan bau tahu di sini,” ujarnya.
 
Dalam proses pembuatan tahunya, ia menjelaskan bahwa dia melakukan proses teknik fermentasi yang sudah turun temurun diajarkan oleh orang tuanya. 
 
“Saya harus menggunakan sayuran yang berkualitas sangat baik. Pada suhu ruangan, membutuhkan waktu sekitar dua tahun untuk proses fermentasinya,” papar Ping.
 
“Kami mengelompokkan bakteri yang digunakan berdasarkan konsentrasinya. Kemudian tahu yang kering akan kami masukkan ke dalam ramuan hasil fermentasi tersebut dan tahu akan mengalami proses fermentasi dan menyerap ramuan tersebut sehingga menghasilkan tahu yang berbau tajam. Semakin lama direndam maka semakin lembut dan semakin bau juga tahunya,” tambah Ping.
 
Namun menurutnya, tahu bau ini memiliki manfaat bagi kesehatan. “Tahu ini baik bagi kesehatan karena mengandung enzim yang kuat dan efektif."
 
Katanya orang yang memiliki masalah pencernaan atau orang tua yang sistem kekebala tubuhnya lemah sangat dianjurkan mengonsumsi hidangan ini karena enzim yang bagus dapat bermanfaat bagi tubuh. Ia juga menekankan bahwa meskipun bau, tahu khas Taiwan ini memiliki rasa yang enak. Berminat mencobanya?
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif