Enam cara ini bisa bikin daging kurban jadi empuk. Simak yuk tipsnya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Enam cara ini bisa bikin daging kurban jadi empuk. Simak yuk tipsnya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Selalu Gagal Bikin Daging Kurban Jadi Empuk? Ternyata Ini Rahasianya!

Rona resep masakan tips & trik
Yatin Suleha • 01 Agustus 2020 21:53
Jakarta: Hari Raya Iduladha sudah berlalu. Apakah daging sapi Anda masih tersimpan di dalam kulkas? Ya, banyak orang merasa malas untuk memasak daging kurban karena belum mengetahui cara membuat daging sapi empuk. 
 
Tekstur yang keras tentu saja akan sangat menyulitkan saat Anda akan menyantapnya. Sebaliknya, tekstur yang lembut dan empuk akan memberikan cita rasa yang lezat dan menggoda selera.
 
Banyak yang belum mengerti jika cara memasak daging kurban memiliki teknik tersendiri agar tidak alot. Nah, sekarang, Anda buka kulkas dan ambil dagingnya. Lalu, segera olah menggunakan teknik ini. Rahasianya, akan dibagikan secara tuntas di sini!

1. Rendam daging dengan baking soda

Rahasia yang pertama cara memasak daging supaya tidak alot adalah dengan baking soda. Sebelum Anda memasaknya, rendam terlebih dahulu daging kurban ke dalam air yang telah dicampur menggunakan satu sendok teh bubuk baking soda. Anda cukup merendamnya selama 15 menit saja. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, keringkan daging sebelum diolah menjadi masakan yang lezat. Dalam baking soda, terdapat kandungan zat yang bisa mengubah pH dari permukaan daging. Inilah alasan mengapa baking soda bisa menjadikan daging semakin empuk.

2. Rendam daging menggunakan susu

Susu juga menjadi bahan yang dapat menjadikan daging kurban jadi tidak alot. Caranya, dengan merendam daging menggunakan susu sebelum diolah. Lalu, tambahkan beberapa jenis bumbu seperti bawang putih, merica, serta garam agar cita rasanya semakin lezat. Jika Anda tidak menyukai rasa susu, boleh menggantinya dengan yoghurt.
 
Selalu Gagal Bikin Daging Kurban Jadi Empuk? Ternyata Ini Rahasianya!
(Anda juga bisa menggunakan nanas. Nanas mengandung enzim bromelain. Gunakan teknik potong daging melintang dan enzim ini bisa menjadikan daging lebih lunak dan basah. Foto: Pexels.com)

3. Potong daging melintang

Teknik memotong daging kurban juga bisa memengaruhi tekstur dari daging tersebut. Potongan yang paling tepat untuk diterapkan adalah dengan melawan serta atau melintang. Teknik ini bisa menyebabkan serta daging menjadi lebih mudah terurai.
 
Kesalahan banyak orang adalah memotong daging searah dengan serta sehingga, daging menjadi sulit empuk meski sudah dimasak pada waktu yang cukup lama.

4. Rendam menggunakan daun pepaya

Daun pepaya yang memiliki cita rasa pahit ini ternyata bisa menjadi cara membuat daging sapi empuk. Hal ini dikarenakan di dalam daun pepaya terdapat enzim papain yang dapat melunakkan daging. 
 
Memarkan daun pepaya beserta tulang daunnya, lalu lumuri pada daging. Setelah itu, bungkus daging kurban menggunakan daun pepaya, kemudian Anda diamkan saja selama satu jam. Hasilnya akan lebih maksimal apabila Anda menggunakan daging utuh atau yang belum dipotong. Sebab, daging bisa lunak secara merata.

5. Rebus menggunakan sari santan

Rahasia yang selanjutnya adalah dengan merebus daging dengan sari santan. Untuk satu kilogram daging kurban, Anda dapat menggunakan sari santan yang berasal dari satu buah kelapa. Kemudian, rebuslah daging bersama sari santan sampai mendidih.
 
Tak hanya membuat daging menjadi lebih empuk. Namun, cara ini ternyata dapat menambah rasa dari daging. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui!

6. Menggunakan nanas

Banyak yang menggunakan alat presto agar daging sapi tidak alot. Padahal, ada bahan untuk membuat daging empuk secara alami. Yakni dengan menggunakan nanas. Cara ini mungkin sudah cukup familiar dan banyak diketahui. Nah, memarinasi daging menggunakan nanas bisa bekerja dengan baik karena di dalam buah ini terdapat enzim bromelain.
 
Enzim ini bisa menjadikan daging menjadi lunak dan basah. Anda cukup memotong daging terlebih dahulu.
 
Gunakan teknik potong melintang seperti yang sudah dibahas sebelumnya ya Kemudian, cuci daging sampai bersih dan lumuri daging dengan parutan buah nanas. Diamkan beberapa saat kemudian masukkan air dan masak sampai matang. 
 
Cara membuat daging sapi empuk ternyata cukup mudah kan? Sekarang, Anda bisa praktikkan menggunakan bahan yang paling mudah Anda dapatkan di rumah!
 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif