Travel blogger adalah sebutan bagi seseorang atau sekumpulan orang yang ngeblog dengan tema traveling. (Foto: Pexels.com)
Travel blogger adalah sebutan bagi seseorang atau sekumpulan orang yang ngeblog dengan tema traveling. (Foto: Pexels.com)

Cara Menjadi Travel Blogger

Rona tips & trik
Sunnaholomi Halakrispen • 07 Maret 2019 15:46
Perkembangan zaman mengembangkan beberapa profesi baru. Sebut saja misalnya seperti Key Opnion Leader (KOL), influencer, ada juga travel blogger. Travel blogger adalah sebutan bagi seseorang atau sekumpulan orang yang ngeblog dengan tema traveling. Biasanya enceritakan setiap detail tempat yang pernah Anda kunjungi dengan cerita yang menarik tersaji dengan bahasa yang asyik.
 

 
Jakarta:
Anda bisa menghasilkan uang dari sponsor ynag memasang iklan di laman blog hasil review traveling. Selain puas dengan perjalanan, tabungan Anda pun bertambah, asalkan Anda dapat mengemasnya dengan tepat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah pastikan blog Anda untuk alasan yang sesuai, dan kemas konten tentang pengalaman yang Anda dapatkan dari traveling. 
 
Ulasan pengalaman tersebut dapat mencakup perjalanan gratis, tentang kisaran harga traveling di berbagai lokasi, atau review kelebihan dan kekurangan suatu tempat. 
 
Tulislah pengalaman Anda dari hati terdalam dan membangun reputasi blog yang kredibel. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan pengikut setia yang akan terus membaca isi blog Anda. Kemudian, milikilah ciri khas.
 
Apabila setiap harinya Anda menuliskan berbagai hal tentang traveling, pembaca akan bingung dengan maksud blog Anda. 
 
(Baca juga: Suka Duka jadi Selebgram Menurut Travel Blogger Ashari Yudha)
 
Cara Menjadi Travel Blogger
(Tulislah pengalaman Anda dari hati terdalam dan membangun reputasi blog yang kredibel. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan pengikut setia yang akan terus membaca isi blog Anda. Kemudian, milikilah ciri khas. Foto: Pexels.com)
 
Tentukanlah ciri khas blog Anda semenarik mungkin, misalnya membahas tentang tempat tinggal di Indonesia atau membahas tentang restoran murah di Indonesia.
 
Selanjutnya, seritakan kisah-kisah bagus. Semua orang suka cerita yang bagus. Itu sebabnya blogger perjalanan yang bercita-cita harus belajar seni mendongeng dan menerapkannya dalam penulisan blog. Anda juga bisa menyantumkan pesan moral atau pelajaran penting di setiap akhir tulisan Anda.
 
Kemudian, tekan detilnya. Pembaca cenderung tidak menyukai hal yang bersifat tanggung atau lebih menyukai hal detil. Anda dapat memberikan informasi detil kepada pembaca, misalnya menyertakan tips bermanfaat, perbandingan harga, dan sebagainya.
 
Cara selanjutnya, buatlah konten untuk jangka panjang. Tidak singkat waktu yang ditempuh untuk menjadi blogger, bahkan terbilang membutuhkan banyak waktu dan upaya. 
 
Upayakan membuat konten blog yang tidak mudah basi dan berkualitas, dan bangunlah jaringan untuk dapatkan pembaca setia. Jaringan komunikasi dengan pembaca dapat Anda bangun melalui milis dan beragam media sosial.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi