Agar liburan tidak terganggu dari faktor yang membuat jengkel, ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa trik sebelum berlibur. (Foto: Erik Odiin/Unsplash.com)
Agar liburan tidak terganggu dari faktor yang membuat jengkel, ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa trik sebelum berlibur. (Foto: Erik Odiin/Unsplash.com)

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melancong ke Negeri Seberang

Rona wisata tips & trik
Dhaifurrakhman Abas • 18 Januari 2019 10:00
Jakarta: Berjalan-jalan mengelilingi negara yang belum pernah dikunjungi bisa sangat menyenangkan. Namun tentu saja, bisa menjadi bumerang buat diri sendiri.
 
Misalnya saja, Anda bisa saja tertimpa hal-hal tak terduga. Seperti pembatalan penerbangan karena cuaca yang buruk, hingga kesulitan menemukan penginapan karena tidak mengetahui moda trasportasi dan bahasa penduduk lokal.
 
Nah, agar liburan tidak terganggu dari faktor yang membuat jengkel itu, ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa trik sebelum berlibur. Berikut trik yang barangkali bisa Anda ikuti, dinukil New York Times.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Mendapatkan informasi transportasi
Ketika pesawat mendarat di kota atau negara tujuan, Anda pasti akan sumringah. Ingin sekali rasanya cepat-cepat keluar dari bandara dan melancong mengelilingi destinasi wisata setempat.
 
Tunggu dulu, aturlah napas sejenak. Coba kelilingi bandara, kemudian kumpulkan informasi destinasi wisata yang hendak dikunjungi. Anda juga bisa menanyakan alur transportasi ke lokasi tujuan kepada petugas bandara setempat.
 
Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melancong ke Negeri Seberang
(Agar liburan tidak terganggu dari faktor yang membuat jengkel itu, ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa trik sebelum berlibur. Foto: Rawpixel/Unsplash.com)
 

(Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Traveling)
 
2. Mencari informasi hostel
Meskipun seringkali dikaitkan dengan tempat yang kumuh dan berantakan. Namun ada baiknya Anda mencari informasi mengenai lokasi hostel di lokasi tujuan.
 
Agar mendapatkan hostel dengan fasilitas yang baik, manfaatkan aplikasi penyedia informasi penyewaan hostel yang bisa diunduh melalui telepon genggam Anda.
 
Selain lokasi, aplikasi itu juga akan membantu Anda mendapatkan informasi melalui testimoni pelancong yang pernah menginap di sana.
 
3. Waspadai biaya bank
Sebagian besar negara sudah memiliki ATM (Automated Teller Machine) yang terakses dan dapat menerima kartu kredit dan debit dari seluruh bank di dunia.
 
Tetapi sebelum Anda pergi melancong, coba ketahui dan pastikan kebijakan dalam hal biaya tambahan transaksi penarikan uang tunai.
 
Perhatikan apakah bank termasuk dalam bagian aliansi Global ATM. Ini setidaknya bisa menghindari Anda dari biaya penggunaan (fee), saat Anda bertransaksi secara internasional.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif