Ketupat Babanci, Nasi Sambal Juara dan Kunafa bisa menjadi alternatif santapan Anda di kala Lebaran tiba. (Foto: Dok. Medcom.id/Wijokongko)
Ketupat Babanci, Nasi Sambal Juara dan Kunafa bisa menjadi alternatif santapan Anda di kala Lebaran tiba. (Foto: Dok. Medcom.id/Wijokongko)

Menikmati Hidangan Khusus Lebaran di Jakarta Utara

Rona kuliner
Sunnaholomi Halakrispen • 03 Juni 2019 17:26
Ketupat Babanci, Nasi Sambal Juara dan Kunafa bisa menjadi alternatif santapan Anda di kala Lebaran tiba. Pilihan dessert lainnya juga bisa menjadi kudapan selesai Anda menikmati makan utamanya. Saat makanan tradisional dan sentuhan Timur Tengah hadir di momen Lebaran, bisa jadi pilihan Anda selain ketupat di rumah.
 

 
Jakarta: Mudik menjadi salah satu budaya merayakan Hari Raya Idulfitri atau Lebaran. Namun, untuk Anda yang merayakan Lebaran di area Jakarta, jangan khawatir. Ada cara seru menikmati hidangan lezat bersama keluarga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mungkin Anda tidak bisa mudik karena masih disibukkan dengan jadwal kerja yang padat atau dana yang Anda simpan untuk liburan selanjutnya. Tidak masalah, libur Lebaran di Jakarta pun tak mengurangi kebahagiaan liburan Anda letika tahu cara yang tepat.
 
Ya, Anda tak perlu meluangkan waktu banyak di jalan seperti perjalanan mudik. Berdesak-desakan di kereta atau bis antar kota. Ini merupakan salah satu kelebihan Lebaran di dalam kota, khususnya Jakarta.
 
Kumpul bersama keluarga akan terasa semakin hangat ketika menemukan tempat makan yang tepat. Selain menu makan yang menggugah selera, suasana tempat makan juga perlu menjadi pertimbangan.
 
Adalah restoran Nusantara di Mercure Jakarta Pantai Indah Kapuk, yang bisa menjadi salah satu referensi tempat makan saat Lebaran. Dekorasi perpaduan ala Indonesia dan Timur Tengah bisa menjadi lokasi indah yang instagramable.
 
Restoran ini digadangkan sebagai restoran tertinggi di PIK Avenue. Jadi, Anda bisa menyantap hidangan khusus Lebaran sambil menikmati susasana kota Jakarta dari atas ketinggian yang dibatasi kaca bersih. Pancaran sinar mentari pun semakin menghangatkan suasana.
 
Menikmati Hidangan Khusus Lebaran di Jakarta Utara
(Kunafa dan berbagai dessert serta aneka minuman lainnya bisa jadi pilihan Anda saat Lebaran di luar kebiasaan makan ketupat Lebaran di rumah. Foto: Dok. Medcom.id/Wijokongko)
 
Tersedia Ketupat Babanci dan Nasi Ayam Sambal Juara sebagai dua main course khusus Lebaran. Ketupat Babanci terasa kental dengan paduan rempah-rempah pilihan yang dicampur santan dan daun jeruk sebagai penyedapnya.
 
Rempah yang berlimpah melumuri daging kambing dan ketupat dalam mangkuk. Daging kambing ini tidak tercium bau amis menyengat yang mungkin sering kali Anda temukan di menu daging kambing tempat makan lain.
 
Sensasi makan daging kambing yang membuat menyesal jika Anda tidak menyantapnya. Juru masak di restoran ini memilih daging kambing muda bagian pundak. Ini secara khusus, karena isi dagingnya banyak dengan tekstur yang begitu empuk dan legit.
 
Daging kambingnya merupakan daging impor pilihan. Executive Chef Mercure PIK, Agus Stiono menyatakan memilih kambing impor karena rasanya lebih empuk, tidak terlalu bau aromanya, dan mudah didapat juga ada lisensi halalnya.
 
Uniknya, Ketupat Babanci ini baru pertama kali disajikan di Mercure Hotel, khusus untuk Lebaran 2019. Sesuai dengan Program AccorHotels yang menggaungkan menu Indonesia dalam Culinary Journey.
 
"Di Jakarta lagi angkat tema Betawi dan saya lihat Babanci ini dibanding makanan Betawi lain, ini lebih ada proteinnya dan masuk untuk Lebaran. Ada kambingnya, ada kuahnya, dan bisa untuk makan ketupat," ujar Chef Agus kepada Medcom.id.
 
Menikmati Hidangan Khusus Lebaran di Jakarta Utara
(Nasi Sambal Juara menjadi salah satu kuliner yang bisa memuaskan Anda dan keluarga. Foto: Dok. Medcom.id/Wijokongko)

Nasi Sambal Juara dan Kunafa

Menu selanjutnya, Nasi Ayam Sambal Juara. Nasi putih berdampingan dengan ayam goreng dengan kematangan pas, dilengkapi dengan sambal yang sungguh juara.
 
"Kita rencananya ingin tamu kita dapat sambal kita yang nantinya identik dengan Mercure PIK, yaitu Sambal Juara," tutur Chef Agus.
 
"Biasanya kita temui sambal itu yang dilembutkan atau ada rasa manis, penampakannya saja yang seram tapi dimakan tidak pedas. Sambal Juara ini ya memang karakteristik sambal yang pedas," tambah Fandy Lo selaku Director of Marketing Mercure PIK and Swissotel Jakarta PIK Avenue.
 
Bumbu untuk sambal dimasak dan ditambahkan daun jeruk. Kemahiran juru masaknya menciptakan sambal yang matang tapi tidak terlalu matang. Anda akan menikmati sambal yang segar tapi tidak mentah.   
 
Menu ini sangat cocok bagi Anda pecinta makanan pedas. Rasa pedasnya membuat mata melek dan mulut turut bersemangat menyantapnya lagi dan lagi. Hati-hati, Anda bisa ketagihan.
 
Ayam yang dipilih, ayam kampung. Digoreng dengan tingkat kematangan yang sesuai sehingga daging ayamnya lembut tapi tidak dengan minyak berlebih.
 
Menikmati Hidangan Khusus Lebaran di Jakarta Utara
(Ketupat Babanci bisa menjadi kuliner Anda yang berbeda yang bisa Anda nikmati. Foto: Dok. Medcom.id/Wijokongko)
 
Menu lain, Kunafa, tidak boleh Anda lewatkan untuk dinikmati di Mercure Hotel. Sensasi rasa hidangan penutup yang renyah di luar dan lembut di dalam, memanjakan lidah. Kunafa menjadi salah satu dessert wajib di Ramadan tahun ini.
 
"Sebenarnya banyak beberapa jenis dessert dari Middle East dari susu, krim, dan kacang-kacangan. Kita ambil Kunafa karena tidak terlalu Middle East banget. Rasanya ada rasa kejunya, ada dari Western di bagian pillownya, dan ada kacangnya. Ini pun bisa diterima lidah orang Indonesia," papar Chef Agus.
 
Terakhir, tutup dengan minuman Es Melon Selasih sebagai minuman khusus Lebaran. Ada sirup stroberi dan mint, air kelapa, selasih, serta melon, yang menyegarkan dahaga setelah menikmati dua makanan dan hidangan penutup tadi.
 
Untuk hidangan utama menu ala carte Lebaran, dibanderol mulai dari Rp50-150 ribuan dan mulai dari Rp30-60 ribuan untuk menu dessert atau hidangan penutup.
 
Anda bisa menikmatinya baik saat menginap di hotel Mercure Jakarta PIK maupun tidak menginap, atau hanya untuk makan saat Lebaran. Untuk memudahkan, Anda bisa reservasi terlebih dahulu. Jadi tak perlu bingung Anda bisa meyambangi tempat ini untuk menikmati hidangan dengan taste yang berbeda di saat Lebaran.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif