IT Camp 2019 di Citra Alam Lakside Gintung--Istimewa
IT Camp 2019 di Citra Alam Lakside Gintung--Istimewa

Liburan Sambil Berkemah dan Belajar Teknologi

Rona liburan
K. Yudha Wirakusuma • 14 September 2019 17:06
Jakarta: Belajar tak memulu harus di lakukan di sekolah. Namun juga bisa dilakukan di mana saja, termasuk di alam terbuka. 
 
Mengisi waktu libur juga bisa dilakukan dengan mempelajari Teknologi Informasi (TI). Bagi peserta yang membawa anggota keluarga, bakal mempererat hubungan antara anggota keluarga. Anggota keluarga dapat lebih memahami karakter. 
 
Meskipun belajar teknologi informasi dengan tema yang relatif berat, dalam IT Camp semua hal justru terasa sangat menyenangkan.
 
Sistem belajar TI di alam terbuka seperti IT Camp tidak akan didapatkan di tempat lain. Karena di acara ini peserta langsung bertatap muka dengan para ahlinya dan langsung mempraktikkan Ilmu. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Suasana yang santai dan kekeluargaan, peserta diharapkan akan lebih cepat menyerap ilmu yang diberikan oleh para pembicara,” papar Ketua Panitia IT Camp 2019 yang sekaligus Ketua Yayasan Onno Center International, Nurlina Purbo dalam keterangan elektroniknya, Sabtu, 14 September 2019.
 
Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 14-15 September 2019. Dan berbeda dari tahun sebelumnya, pada malam hari nanti akan dilakukan kegiatan ‘ngoprek’ bersama.
 
IT Camp, menurut Nurlina, sudah diadopsi di Aceh tahun 2015 dan di Pemalang bulan Juni 2016 dan November 2019, Magelang Jawa Tengah bulan Oktober 2019. Tidak tertutup kemungkinan, kedepan IT Camp juga akan diselenggarakan di daerah lain di seluruh nusantara.
 
Tiap tahunnya, tema dan materi pembelajaran yang diberikan selalu mengikuti tren ilmu tekhnologi terbaru. 
 
Sementara itu, menurut Direktur FiberStar ujar Ari Tjahjanto, pada tahun 2019 ini, IT Camp akan membahas lebih dalam tentang hacking Big Data. Termasuk belajar coding python menggunakan Tensor Flow dan Keras. 
 
Selain itu juga, teknik melakukan Vulnerability Analysis dan Pretest. Yang tidak kalah keren adalah belajar sisi praktek teknik menggelar jaringan Fiber Optics.
 
“Pengolahan Big Data merupakan suatu hal yang dewasa ini sangat penting untuk dimengerti dan dikuasai bukan hanya bagi kalangan professional. Namun juga dimulai dari usia sekolah dikarenakan arah perkembangan industri yang kian hari kian terdigitalisasi,” terangnya. 
 
Menurutnya, pentingnya koneksi yang dapat diandalkan serta jaringan yang mumpuni memegang peran penting untuk terciptanya pengolahan Big Data tersebut, dengan jaringan FiberStar kami mampu memberikan kapasitas hingga 100Gbps.
 
IT Camp yang dikoordinir oleh Kelompok Remaja Melek IT dan Yayasan Onno Center International berlokasi di Citra Alam Lakeside (Situ Gintung) Cirendeu, Ciputat Tangerang Selatan. Peserta terdiri dari pelajar, mahasiswa, pekerja, peminat TI hingga profesional TI akan bergabung dalam IT Camp 2019.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif