Resep Mushroom dan Clam Tart
Resep pencuci mulut dari kerang. Ini resepnya. (Foto: Dok. Ankiet Gulabani-Food writer Bellyovermind.com / Instagram @ankietgulabani)
Jakarta: Kerang atau remis biasanya dimasak untuk disajikan sebagai lauk-pauk. Namun, seiring dengan perkembangan zaman kerang tidak hanya bisa dimasak sebagai lauk pauk saja tetapi bisa dijadikan makanan pencuci mulut. Berikut ini bahan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan: 

2 lusin kerang (sekitar 2 kg)
1 gelas anggur putih 
2 sdm mentega
3 siung bawang putih cincang
1 siung bawang merah cincang halus
1 sdt thyme
1/2 sdt biji adas 
6-7 buah jamur kancing  
2,5 sdm tepung terigu serbaguna 
1/4 cangkir (55 gram) krim 
1/4 cangkir (60 ml) susu 
1 cup (108 gr) keju Gruyere yang diparut
1/4 sdt Garam masala (dibuat dari cengkeh, kapulaga, kayu manis, daun cassia, biji pala, dan fuli)
1/2 buah air jeruk limau 
Garam dan lada secukupnya


(Baca juga: Tips Memilih Pasta Berkualitas)

Kulit Tart:

226 gram tepung 
1 sdm gula 
3/4 sdt garam 
226 gram mentega asin, potong dadu
120 ml air es 


(Resep Mushroom dan Clam Tart. Foto: Dok. Ankiet Gulabani - Food writer dari Bellyovermind.com / Instagram @ankietgulabani)

Cara Membuat: 

1. Bersihkan kerang sampai benar-benar bersih. Anda bisa menggunakan sikat kecil agar kotoran yang tertinggal bisa bersih dengan sempurna. Lalu rendam kerang selama beberapa saat. 

2. Sambil merendam kerang, Anda bisa mulai membuat kulit tart dengan mencampurkan seluruh bahan-bahan untuk membuat kulit tart tersebut. Campurkan keseluruhan bahan tersebut menggunakan tangan sampai tercampur rata. 

3. Setelah adonan kulit tart selesai dibuat, ratakan dengan menggunakan rolling pin kemudian simpan dalam kulkas selama 30 menit. 

4. Setelah 30 menit, ambil kembali adonan dan masukkan ke dalam loyang. Masukkan kembali ke dalam kulkas selama 30 menit. 

5. Untuk membuat isian, panaskan anggur putih di api sedang sampai mendidih. Tambahkan kerang dan masak selama 3 menit. 

6. Setelah tiga menit, angkat kerang dan buka cangkangnya. 

7. Dalam panci di atas api sedang, tambahkan mentega. Ketika panas, tambahkan bawang putih dan masak selama satu atau dua menit sebelum menambahkan bawang merah cincang. Masak bawang sampai berwarna keemasan. Selanjutnya, tambahkan thyme, biji adas dan jamur kancing cincang. Masak sampai lima menit. 

8. Kecilkan api dan masukkan tepung selama satu atau dua menit, terus aduk. Masukkan kerang dan jus anggur terlebih dahulu, diikuti dengan krim dan susu. 

9. Besarkan api aduk terus-menerus untuk mengentalkan saus, selama sekitar 2-3 menit. Masukkan Garam masala, dan keju lalu matikan api. Tambahkan ketumbar cincang, air jeruk nipis, lada hitam, dan garam. 

10. Kemudian masukkan isian tersebut ke dalam loyang dan panaskan pada suhu 180 derajat Celcius selama 12-15 menit atau sampai keemasan. Siap untuk disajikan 6-8 potong.





















Menu ini ditulis oleh: Ankiet Gulabani
Food writer dari Bellyovermind.com / Instagram @ankietgulabani







(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360