Kerang ternyata menjadi salah satu makanan alternatif bagi mereka yang membatasi konsumsi daging merah. (Foto Ilustrasi: Viviane Rishe/Unsplash.com)
Kerang ternyata menjadi salah satu makanan alternatif bagi mereka yang membatasi konsumsi daging merah. (Foto Ilustrasi: Viviane Rishe/Unsplash.com)

Makanan Berkhasiat untuk Usia Senja

Rona makanan sehat
Dhaifurrakhman Abas • 26 Desember 2018 18:01
Jakarta: Tak terasa sebentar lagi memasuki awal tahun baru 2019. Tanpa bisa ditolak, umur kita akan bertambah satu digit lagi.
 
Maka tak heran, tanda-tanda penuaan mulai kelihatan di bagian tubuh tertentu. Diikuti metabolisme dan kesehatan tubuh yang tak sehebat waktu muda dulu.
 
Memilih makanan yang dikonsumsi pun tak lagi boleh sembarangan. Harus ada diet seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut beberapa makanan yang hanya mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh di usia senja, melansir Insider:
 
1. Telur
Salah satu sumber protein dan nutrisi paling berharga yang bisa Anda dapatkan adalah melalui telur. Menurut Ahli Gizi, Pamela Schoenfeld, telur bermanfaat karena kaya akan kolin, biotin, dan protein.
 
"Kolin membantu hati dalam membersihkan lemak, dan biotin diperlukan untuk energi, kulit, dan kuku," katanya.
 
Selain itu, protein yang terkandung bisa melindungi tubuh dari penurunan fungsi tulang dan otot. Schoenfeld juga bilang bahwa telur mendukung peningkatan sistem kekebalan tubuh.
 
Telur juga mengandug antioksidan yang melindungi mata. Utamanya dari degenerasi makula; penyakit mata yang menyebabkan kehilangan penglihatan.
 
2. Kerang
Mengonsumsi kerang membantu tubuh mendapatkan zat besi dengan cara paling baik. Selain mendukung sistem kekebalan tubuh, zat besi yang dikonsumsi bersama dengan vitamin A membantu menjaga kadar hormon dalam tubuh.
 
"Kerang sejauh ini adalah sumber zat besi terbaik. Juga alternatif bagi mereka yang membatasi konsumsi daging merah," ujar Schoenfeld.

Klik di sini: Otonomi, Rahasia Bahagia di Tempat Kerja


3. Keluarga Sitrus
Mulai hari ini, sebaiknya masukkan jenis buah sitrus ke dalam menu harian Anda. Keluarga sitrus dikategorikan ke dalam buah-buahan yang mengandung vitamin C. Seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, maupun jeruk bali.
 
"Paling baik memakan sitrus dalam keadaan utuh," katanya.
 
Selain kaya kandungan vitamin C, sitrus juga mengandung jaringan putih Bioflavonoid.  Kandungan tersebut berfungsi memperkuat pembuluh darah. Sementara kulit buah sitrus kaya akan limonene yang merupakan antikanker dan anti-inflamasi
 
4. Susu Fermentasi
Susu fermentasi bukan hanya menghasilkan bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan usus. Tetapi juga penyedia kalsium yang sangat dibutuhkan tulang serta menjaga darah dalam kisaran pH ideal.
 
"Jika Anda tidak mengonsumsi cukup kalsium, tubuh akan menarik kalsium dari tulang Anda untuk menjaga kalsium darah dalam batas normal," ujarnya.
 
Untuk itu, kata Schoenfeld, ada baiknya menambahkan susu fermentasi dalam bentuk kefir, yogurt, atau keju dalam menu makanan Anda. Apalagi ketika umur sudah memasuki usia senja.
 
Cara Sehat, Mudah dan Nyaman Mengontrol Berat Badan (1)

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif