Kram selama awal kehamilan sebenarnya adalah karena tubuh Anda mempersiapkan bayi Anda untuk berkembang sehingga rahim mengalami peregangan. (Foto: Kyle Loftus/Unsplash.com)
Kram selama awal kehamilan sebenarnya adalah karena tubuh Anda mempersiapkan bayi Anda untuk berkembang sehingga rahim mengalami peregangan. (Foto: Kyle Loftus/Unsplash.com)

Kram seperti Nyeri Haid di Awal Kehamilan, Normal atau Tidak?

Rona kesehatan
Torie Natalova • 09 Januari 2019 11:16
Jakarta: Rasa sakit ringan dan kram pada awal kehamilan sebenarnya sangat umum terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan.
 
Menurut ahli kebidanan Liz Halliday, bukan hal aneh bagi wanita mengalami hal tersebut di awal kehamilan, bahkan beberapa wanita juga merasa ketidaknyamanan tersebut selama trimester kedua.
 
Apa yang sebabkan kram saat awal kehamilan? Kram kehamilan terasa seperti nyeri haid. Kram selama awal kehamilan sebenarnya adalah karena tubuh Anda mempersiapkan bayi Anda untuk berkembang sehingga rahim mengalami peregangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ibu hamil juga dapat mengalami kram di akhir kehamilan dan sangat wajar terjadi. Pada trimester ketiga, banyak wanita merasakan pengetatan rahim yang teratur dan bagi sebagian wanita ini cukup intens. Namun, ketidaknyamanan tersebut tidak menyakitkan.
 
Pengetatan ini disebut kontraksi palsu atau braxton hicks yang umumnya sering terjadi pada akhir kehamilan, ketika tubuh Anda mulai berlatih untuk persalinan. Biasanya, kontraksi palsu ini dapat sering terjadi akibat dehidrasi atau setelah berhubungan seks. Jika kram menjadi sangat menyakitkan atau tidak nyaman, sebaiknya segera hubungi dokter atau bidan.
 

(Kram kehamilan terasa seperti nyeri haid. Kram selama awal kehamilan sebenarnya adalah karena tubuh Anda mempersiapkan bayi Anda untuk berkembang sehingga rahim mengalami peregangan. Foto: Aleksander Borzenets/Unsplash.com)
 
(Baca juga: Lima Alasan Kram Perut di Luar Masa Menstruasi)
 
Ada beberapa cara untuk mengurangi kram kehamilan seperti jalan-jalan pelan, mandi air hangat dan santai, minta seseorang menggosok punggung bawah Anda, coba peregangan secara perlahan, dan pastikan Anda terhidrasi dengan baik.
 
Kram kehamilan juga dapat disebabkan oleh alasan yang lebih serius. Berikut beberapa penyebab serius kram kehamilan:
 
1. Jika kram karena sulit buang air kecil dan nyeri punggung, infeksi saluran kemih atau ginjal bisa jadi penyebabnya.
 
2. Terkadang, infeksi jamur atau bakteri dapat menyebabkan kram.
 
3. Jika kram parah di awal kehamilan dan disertai pendarahan, penting untuk segera ke rumah sakit karena ini bisa pertanda kehamilan ektopik atau keguguran.
 
4. Para trimester dua atau tiga, kram bisa menjadi tanda persalinan prematur. Hubungi dokter jika Anda mengalami kram teratur dan menyakitkan.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi