Berikut beberapa efek berbahaya dari asap rokok bagi janin. (Foto: Ryan Franco/Unsplash.com)
Berikut beberapa efek berbahaya dari asap rokok bagi janin. (Foto: Ryan Franco/Unsplash.com)

Bahaya Merokok Saat Hamil

Rona kehamilan
10 Desember 2018 14:10
Jakarta: Merokok saat hamil memengaruhi kesehatan Anda dan si kecil sebelum, selama, dan setelah melahirkan. Semakin banyak paparan asap dan rokok yang Anda isap setiap harinya, maka akan mengakibatkan masalah kesehatan yang lebih serius.
 
Dilansir dari BabyCenter, berikut beberapa efek berbahaya dari asap rokok bagi janin.
 
1. Cacat fisik
Salah satu efek yang paling bahaya dari merokok pasif pada bayi yang belum lahir adalah adanya kemungkinan peningkatan risiko cacat fisik. Paparan asap rokok terus-menerus pada ibu hamil akan memulai mutasi genetik dan akan mengakibatkan cacat kaki, testis dan otak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


2. Cacat lahir
Jika ibu hamil menjadi perokok pasif terus-menerus sepanjang masa kehamilan, kemungkinan bayi akan mengalami cacat lahir baik ringan maupun berat.
 
(Baca juga: Ini Alasan Rokok Elektrik Sama Bahayanya Seperti Rokok Konvensional)
 
Bahaya Merokok Saat Hamil
(Salah satu efek yang paling bahaya dari merokok pasif pada bayi yang belum lahir adalah adanya kemungkinan peningkatan risiko cacat fisik. Foto: Ignacio Campo/Unsplash.com)
 
3. Organ rusak
Anda yang menjadi perokok pasif tidak akan mendapatkan pasokan darah yang cukup untuk plasentanya. Hal ini akan mengakibatkan sistem kardiovaskular, sistem pencernaan dan sistem saraf pusat janin rusak.
 
4. Masalah pernapasan
Anda yang sering terpapar asap rokok juga menyebabkan pengembangan abnormal pada sistem pernapasan janin. Bayi yang lahir dari ibu yang menjadi perokok pasif dapat mengembangkan kesulitan bernapas dan memiliki kesempatan tinggi mengembangkan asma di masa depan.
 
Mutasi ini cenderung memiliki dampak seumur hidup dalam bentuk cacat lahir yang serius dan tidak dapat diobati.
 
5. Kelahiran prematur
Masalah lainnya yang dihadapi ibu hamil perokok pasif adalah kelahiran janin prematur. Hal ini akan memengaruhi perkembangan normal bayi, yang mungkin juga menyebabkan komplikasi di masa depan.
 
Sebaiknya Anda yang sedang hamil menghindari rokok termasuk asap rokok dari orang lain. Karena itu, nikotin, karbon monoksida, dan banyak racun lainnya dari rokok bisa masuk melalui aliran darah langsung menuju bayi dalam rahim.
 

Maria Fransiska
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif