NEWSTICKER
Area rumah yang berbau tidak sedap tentulah dapat membuat Anda merasa tidak nyaman. (Ilustrasi/Pexels)
Area rumah yang berbau tidak sedap tentulah dapat membuat Anda merasa tidak nyaman. (Ilustrasi/Pexels)

Hal yang Perlu Dicek Jika Rumah Anda Berbau Tidak Sedap

Rona tips rumah
Raka Lestari • 19 Februari 2020 14:00
Jakarta: Area rumah yang berbau tidak sedap tentulah dapat membuat Anda merasa tidak nyaman. Untuk mengetahui penyebabnya, Anda perlu melakukan beberapa pemeriksaan baik di dalam ataupun di luar rumah Anda. 
 
Dilansir dari Health, untuk mengetahui penyebab mengapa rumah Anda berbau kurang sedap, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda cek: 
 
Hewan peliharaan Anda 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka sangat bagian dari keluarga, tetapi seperti halnya manusia mereka bisa berbau.  "Ketika rambut mereka rontok, bakteri tumbuh dan itu bisa menyebabkan bau yang tidak sedap,” kata Abe Navas, manajer umum layanan pembersihan rumah Emily's Maids di Dallas, Texas. 
 
Untuk mengatasinya, sering-seringlah memandikan hewan peliharaan Anda dan juga membersihkan tempat-tempat di mana mereka tidur dan makan seminggu sekali dengan sabun dan air. 
 
Baju kotor Anda
 
"Jangan menaruh keranjang pakaian kotor di kamar mandi Anda," kata Navas. Sebagai gantinya, simpan baju kotor di kamar Anda atau lemari lain di tempat yang tidak akan terkena uap dari bathtub dan shower. 
 
"Di lingkungan yang lembab, bakteri tumbuh, dan itulah yang menyebalkan bau tidak sedap,” kata Navas. Jika Anda memiliki pakaian kotor yang basah, segeralah cuci. 
 
Tempat tidur 
 
Salah satu penyebabnya adalah sprei Anda sendiri yang akan menjadi basah oleh minyak dan kotoran tubuh Anda sendiri ketika Anda tidak mencucinya secara teratur. Jennifer Snyder, seorang professional organizer menyarankan untuk mencuci sprei Anda setiap satu atau dua minggu sekali untuk mencegah kotoran dan bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap menumpuk. 
 
Tempat sampah
 
Tumpahan kecil dan remah-remah dapat menumpuk dari waktu ke waktu dan membentuk bau tidak enak di dalam tempat sampah sekalipun Anda sudah mengeluarkan sampahnya. Untuk membersihkan kaleng dengan benar, semprotkan obat pemutih yang sudah dicampurkan dengan air dan diamkan selama beberapa jam, saran Navas.
 
Setelah beberapa jam, bilas dengan air dalam jumlah banyak lalu gunakan sabun untuk mencucinya. Atau cara lain, bisa dengan menggunakan tempat sampah khusus untuk sampah kotor yang selalu dibuang setiap harinya, saran Snyder.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif