Mengalami mimpi buruk dapat merusak kenyamanan tidur Anda bahkan terkadang bisa membuat perut Anda menjadi bergejolak. (Ilustrasi/Pexels)
Mengalami mimpi buruk dapat merusak kenyamanan tidur Anda bahkan terkadang bisa membuat perut Anda menjadi bergejolak. (Ilustrasi/Pexels)

Cara Mengontrol Mimpi Buruk

Rona psikologi
Raka Lestari • 08 Agustus 2020 06:02
Jakarta: Mengalami mimpi buruk dapat merusak kenyamanan tidur Anda bahkan terkadang bisa membuat perut Anda menjadi bergejolak. Jika Anda merasa cemas terhadap mimpi buruk yang dialami, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol mimpi buruk tersebut atau bahkan melupakannya?
 
“Ada dua jenis mimpi buruk. Pertama adalah mimpi yang terjadi berulang-ulang dan berputar pada peristiwa tertentu yang akan membuat Anda stres dalam kehidupan nyata,” kata Neil Stanley Ph.D., seorang ahli penelitian tidur, seperti dilansir Bustle.
 
Ia mengatakan bahwa jenis mimpi ini yang terjadi karena Anda merasa cemas akan suatu hal. Beberapa peneliti percaya bahwa mimpi jenis ini dapat memiliki aspek positif karena dapat mengajarkan Anda bagaimana untuk mengatasi permasalahan tersebut jika terjadi di dunia nyata.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan mimpi lainnya adalah jenis mimpi yang Anda ingat hanya karena Anda berada di bawah tekanan dalam kehidupan nyata Anda. “Kita biasanya memiliki empat hingga lima mimpi dalam semalam, tetapi mungkin hanya mengingat satu atau dua mimpi saja,” ujar Stanley.
 
“Untuk mengatasi hal tersebut, hal apapun yang dapat meningkatkan kualitas tidur Anda dapat memengaruhi kecemasan Anda terhadap mimpi yang dialami,” kata Stanley. Untuk melupakan mimpi buruk yang dialami, fokuslah terhadap kebersihan tempat tidur Anda.
 
Cobalah untuk tidak bermain gadget sebelum tidur, melakukan meditasi dan menerapkan jam tidur yang sama setiap harinya. Orang-orang cenderung merasa lebih mudah beristirahat ketika mereka patuh terhadap jadwal tidur rutin mereka. Langkah-langkah ini dapat mengurangi kemungkinan terbangun karena mimpi buruk dan membantu mimpi buruk menghilang.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif