Tetap dampingi mereka yang punya gangguan kesehatan mental dalam pandemi covid-19. (Foto: Pexels.com)
Tetap dampingi mereka yang punya gangguan kesehatan mental dalam pandemi covid-19. (Foto: Pexels.com)

Memerhatikan Mereka yang Punya Gangguan Mental dalam Pandemi Covid-19

Rona Virus Korona psikologi kesehatan mental virus corona covid-19
Yatin Suleha • 01 April 2020 14:25
Jakarta: Jika bagi Anda tidak ngemal seminggu saja sudah uring-uringan, apakah terlintas bagi Anda mereka yang punya gangguan seperti gangguan kesehatan mental atau kecemasan dalam menghadapi situasi pandemi seperti saat ini?
 
Bagi mereka yang memiliki gangguan mental seperti bipolar, gangguan kecemasan atau anxiety disorder, gangguan suasana hati atau mood swing atau punya kesehatan mental lainnya psikolog anak, remaja, dan keluarga, Efnie Indrianie, M.Psi dari Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha, Bandung menerangkan harus mendapatkan pendampingan oleh orang-orang terdekat.
 
"Jika masih harus meminum resep obat dari psikiater rutinlah meminum obat. Jika memang harus ada sesi terapi dengan psikolog, maka terapi bisa dilakukan menggunakan video call dan lainnya," ungkap Efnie.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tapi hal penting lainnya ditekankan Efnie untuk tetap luangkan waktu untuk beribadah untuk mengisi aspek spirituality mental kita. 
 
Psikolog cantik ini menambahkan untuk melakukan meditasi/relaksasi pernapasan. "Bisa menggunakan cara-cara yang diunggah di YouTube atau dipandu oleh terapis. Tetap minum obat jika memang ada resep dari psikiater."
 
Jangan lupa lakukan olahraga ringan, "Karena ini akan merangsang keluarnya hormon endhorpine (hormon kebahagiaan yang mampu meredam kecemasan), tetap kena sinar matahari pagi untuk membuat kita semangat, segar, dan mencegah depresi. Dan, tetap terhubung secara sosial dengan orang-orang yang kita kasihi."
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif