Ada cara yang tepat untuk menghibur mereka yang berduka. (Foto: Pexels.com)
Ada cara yang tepat untuk menghibur mereka yang berduka. (Foto: Pexels.com)

Cara Tepat Menyampaikan Rasa Duka

Rona psikologi
Timi Trieska Dara • 10 September 2019 12:46
Saat sahabat, teman atau keluarga Anda sedang berduka atau kehilangan, Anda bisa hadir untuk mereka. Kehadiran Anda yang berkelanjutan mungkin sangat dihargai setelah periode akut kehilangan dan kesedihan.
 

 
Jakarta: Ketika dihadapkan dengan kesedihan orang lain, Anda ingin menghibur, tetapi khawatir Anda akan mengatakan "hal yang salah" dan secara tidak sengaja memperburuknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, ketika dihadapkan dengan kesedihan sendiri, Anda mungkin diberitahu hal-hal yang tidak membantu atau bahkan mengecewakan. Namun, percayalah, hampir semua tanggapan itu adalah keinginan tulus untuk memberi dukungan.
 
1. Mereka ada di tempat yang lebih baik
2. Setidaknya mereka tidak menderita lagi
3. Waktu akan menyembuhkan ini
5. Anda akan merasa lebih baik seiring waktu
6. Ini juga akan berlalu
7. Segala hal terjadi untuk suatu alasan
8. Mereka bersama sekarang (sebagai tanggapan terhadap orang tua seseorang yang meninggal dalam waktu berdekatan)
 
Sebagian besar pernyataan umum di atas adalah upaya untuk memberitahu seseorang bahwa hal itu tidak seburuk yang mereka kira.
 
Ketika komentar itu dimaksudkan untuk menghibur, mereka cenderung merasa tidak sadar, seolah-olah orang itu seharusnya tidak merasakan apa yang mereka lakukan.
 
Masalahnya, banyak dari pernyataan itu mungkin benar. Orang itu mungkin tidak lagi merasa sedih. Mereka memang memiliki kehidupan yang panjang.
 
Seiring waktu, rasa sakit dari kesedihan itu bisa mereda. Tetapi ketika kita berurusan dengan kehilangan, kita tidak meminta orang lain untuk memberitahu sesuatu yang benar tentang hidup kita ingin bertemu di tempat kita berada, sama seperti kita.
 
Cara Tepat Menyampaikan Rasa Duka
(Saat sahabat, teman atau keluarga Anda sedang berduka atau kehilangan, Anda bisa hadir untuk mereka. Foto: Pexels.com)

Jadi, apa yang membantu? Untungnya, ini sangat sederhana.
 
1. Datang. Yang paling penting adalah hadir

Kehadiran Anda yang berkelanjutan mungkin sangat dihargai setelah periode akut kehilangan dan kesedihan. Setelah waktu berlalu, ketika kebanyakan orang telah hidup normal seperti biasa tetapi rasa sakit tetap ada pada orang yang sedang berduka.

2. Ekspresikan kepedulian dan perhatian Anda

Anda dapat menggunakan kata apa pun yang terasa alami bagi Anda, tidak harus mengikuti frasa yang ditentukan. Biarkan orang itu tahu Anda bersama dan peduli tentang mereka.

3. Akui dan sahkan perasaan mereka

Lebih dari apapun, kita membutuhkan ruang untuk merasakan apa yang kita rasakan ketika bersedih. Respons apa pun yang coba ditunjukkan kemungkinan akan terasa seperti penolakan terhadap perasaan orang itu, seolah-olah mereka "salah jika berduka."
 
Anda dapat memvalidasi pengalaman mereka bahkan jika Anda tahu perspektif mereka akan berubah seiring waktu-berlalunya waktu memiliki kekuatan daripada kata-kata.

4. Waspadai perasaan Anda sendiri tentang kehilangan

Sebagian besar dari kita memiliki perasaan kita sendiri tentang kematian dan bentuk-bentuk kehilangan lainnya, dan jika kita tidak menyadarinya, mereka dapat mewarnai interaksi kita dengan orang yang berduka dengan cara yang tidak membantu.

5. Mendengarkan

Beri perhatian dan mendengarkan jika orang tersebut ingin berbicara. Anda mungkin tidak perlu banyak bicara, dan Anda tentu tidak diharapkan untuk "menyelesaikan" kesedihan mereka.
 
Dengan memiliki seseorang, mereka dapat mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka untuk menjadi bagian penyembuhan yang tak ternilai. Atau Anda duduk diam bersama mereka.
 
Anda tidak pernah tahu perbedaan yang mungkin Anda buat dalam kehidupan seseorang, dengan menemui mereka dalam kesedihan. Sementara itu, kita ingat orang-orang yang ada untuk kita ketika terluka.
 
Lebih dari itu, ingatlah untuk membiarkan diri Anda tidak sempurna. Ada cara yang tepat untuk menghibur mereka yang berduka. Anda harus berhati-hati sehingga tidak "mengacaukan" rasa sedih mereka.
 
Sama seperti Anda, fokuslah pada kehadiran. Bayangkan semangat di mana Anda ingin orang ini bertemu dengan Anda jika Anda terluka.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif