Ilustrasi (Foto: therail.media)
Ilustrasi (Foto: therail.media)

Pola Makan "Jantung Sehat" Bantu Turunkan Berat Badan

Rona kesehatan jantung
Sri Yanti Nainggolan • 31 Agustus 2018 16:11
Jakarta: Banyak orang melakukan pembatasan untuk menghilangkan lemak di perut. Namun, seorang profesor gizi mengklaim ada satu cara ampuh untuk mencegah dan mengurangi lemak tersebut. 
 
"Tak ada pola makan ajaib, makanan, nutrisi, atau komponen bioaktif ajaib yang menargetkan lemak perut. Tatpi, pola makan 'jantung sehat' yang kaya serat dan rendah lemak jenuh dapat menjadi cara yang efektif," terang peneliti Kari D. Pilolla, dari California Polytechnic State University di San Luis Obispo.
 
Kelebihan lemak di sekitar perut, yang dikenal sebagai lemak visceral, sering dianggap sebagai silent killer dan telah dikaitkan dengan sejumlah risiko kesehatan yang dapat berkontribusi pada epidemi obesitas yang sedang berlangsung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Berat badan tanpa aturan dan lingkar pinggang yang lebih besar meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes, dan sindrom metabolik."
 
Meskipun banyak sekali metode "satu trik" yang disebut-sebut sebagai mengurangi lemak perut (minum teh hijau, makan makanan berprotein tinggi, puasa intermiten), Pilolla menjelaskan bahwa kurangnya bukti ilmiah untuk mendukung klaim semacam itu.
 
Sebaliknya, ia menyarankan untuk mengikuti diet berbasis bukti yang mendukung kesehatan jantung, seperti diet Diet untuk Berhenti Hipertensi (DASH), yang dikembangkan oleh National Institute on Aging.
 
Makanan seperti itu biasanya terdiri dari banyak biji-bijian, daging tanpa lemak, ikan, buah-buahan dan sayur-sayuran dan susu tingkat rendah.
 
Tulisan yang dipublikasi dalam American College of Sports Medicine' Health & Fitness Journal tersebut merekomendasikan mengadopsi program penurunan berat badan yang mencakup pola makan seperti itu dengan olahraga teratur.
 

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif