Tips Tetap Aman Berlari Sendirian di Luar Rumah
Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan agar tetap aman berlari sendirian di luar rumah. (Foto: Matthew LeJune/Unsplash.com)
Jakarta: Berlari merupakan salah satu jenis olahraga yang paling banyak dilakukan. Selain karena mudah, berlari juga bisa dilakukan di mana saja. 

Namun ketika berlari di luar rumah, terutama ketika sendirian Anda tetap perlu waspada mengingat ada banyak kejadian kriminal yang bisa saja terjadi ketika seseorang berlari sendirian. 

Untuk itu, agar tetap merasa aman ketika berlari sendirian di luar rumah, berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan. 


1. Melakukan riset kecil sebelum melakukannya
Menurut Elizabeth Corkum, pendiri Coach Corky Runs dan pelatih di Mile High Run Club di New York mengatakan Anda bisa mencari lewat internet di mana orang biasanya berlari di daerah Anda untuk menghindari masuk ke jalan atau gang sepi yang berbahaya. 

Anda juga dapat meneliti tingkat kejahatan di lingkungan tersebut. Atau mudahnya Anda bisa bertanya kepada tetangga Anda apakah jalan yang Anda akan tuju tersebut aman.

(Baca juga: Jogging Nyeker vs Jogging dengan Sepatu, Mana Lebih Baik?)


(Menurut Elizabeth Corkum, pendiri Coach Corky Runs dan pelatih di Mile High Run Club di New York mengatakan Anda bisa mencari lewat internet di mana orang biasanya berlari di daerah Anda untuk menghindari masuk ke jalan atau gang sepi yang berbahaya. Foto: Fil Mazzarino/Unsplash.com)

2. Usahakan berlari di tempat ramai
Berlari di tempat yang tenang dan jauh dari kerumunan orang-orang mungkin terasa menyenangkan. Namun Corkum menyarankan agar sebaiknya Anda memilih tempat berlari yang terang dan cukup ramai karena jika ada sesuatu hal yang terjadi, ada banyak orang yang bisa membantu Anda. 

3. Kecilkan volume musik 
Musik dapat membuat lari terasa lebih mudah, tetapi jangan terlalu terpaku pada musik yang Anda dengarkan sehingga Anda kehilangan jejak di sekitar Anda. Usahakan untuk mendengarkan musik dengan volume sedang agar Anda bisa lebih sadar atas apa yang terjadi di sekitar Anda. 

4. Gunakan atribut yang bercahaya
Ketika Anda berlari ketika suasana sudah mulai gelap seperti sore atau malam hari, usahakan memilih pakaian atau atribut yang bercahaya seperti headlamp atau senter yang dapat membuat Anda terlihat oleh orang lain dan membantu Anda dalam melihat batu sandungan, atau sosok bayangan di jalan Anda. 

5. Beritahu orang lain
Beritahukan lokasi Anda dengan teman atau keluarga saat Anda keluar dari rumah untuk berlari. Dengan begitu, orang lain bisa mengetahui keadaan Anda dan jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi mereka bisa dengan mudah menemukan Anda. 






(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id