Ini Kaitan antara Hubungan Seksual dengan Memori di Otak
Larah Maunder dan rekannya mengadakan penelitian antara hubungan seksual dengan memori di otak. (Foto: Caique Silva/Unsplash.com)
Jakarta: Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sering berhubungan seksual dapat meningkatkan kemampuan wanita dalam hal mengingat kata.

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan seksual dapat memberi efek menguntungkan pada fungsi memori wanita muda yang sehat," demikian menurut para peneliti dari McGill Univesity di Montreal.

Kemudian, Larah Maunder dan rekannya ingin mengetahui frekuensi dari hubungan seskual yang berkaitan dengan fungsi ingatan pada mahasiswi yang sehat.


Para peneliti meminta 78 wanita berusia 18-29 tahun untuk menyelesaikan pola pikir memori komputer yang terdiri dari kata-kata abstrak dan wajah netral.

(Baca juga: 6 Hal Penting Sebelum dan Sesudah Berhubungan Seks)


(Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sering berhubungan seksual dapat meningkatkan kemampuan wanita dalam hal mengingat kata. Foto: Allan Filipe Santos Dias/Unsplash.com)

Hasilnya, hubungan seksual yang sering dilakukan memberi pengaruh positif pada penilaian kata abstrak, namun tidak dengan wajah.

Mereka menemukan bahwa sering berhubungan seksual meningkatkan pertumbuhan jaringan baru pada bagian otak bernama hippocampus yang merupakan pusat emosi, ingatan, dan sistem saraf otomatis.

"Ingatan untuk kata bergantung pada besarnya hippocampus, sementara ingatan pada wajah bergantung pada struktur tambahan hippocampal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memori mengandalkan fungsi hippocampus," terang para peneliti.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa neurogenesis di hippocampus lebih tinggi pada wanita yang sering berhubungan seksual, demikian juga pada hewan.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id