Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Zat Besi
(Foto: Prevention)
Jakarta: Zat besi merupakan komponen mikronutrien yang memiliki fungsi penting untuk kesehatan. Salah satu memasok oksigen ke tubuh dan mencegah anemia. 

Sayangnya, pemenuhan gizi terhadap zat ini masih minim. WHO mencatat hampir separuh dari 1,62 miliar kasus anemia di dunia karena kekurangan zat besi. Ketidakcukupan zat besi umumnya terjadi pada wanita hamil, anak-anak, wanita dengan haid berat, orang yang sering mendonorkan darah, dan vegetarian.

Anemia dapat menyebabkan sejumlah sel darah merah turun sehingga Anda akan merasa kelelahan, pusing, kulit pucat, atau sesak napas. 


Apakah asupan zat besi Anda sudah cukup? perhatikan tanda-tanda tubuh kekurangan zat besi seperti dilansir dari Prevention ini. 

1. Kuku rapuh atau berbentuk sendok

Kuku dapat mengatakan banyak hal tentang kesehatan Anda. Kuku yang lemah dan rapuh dan cekung seperti sendok bisa jadi indikasi masalah zat besi. 

2. Bibir kering dan pecah-pecah

Bibir pecah-pecah juga bisa akibat kekurangan zat besi. Kondisi ini disebut Angular cheilitis. Penelitian mengatakan 35 persen dari kasus ini karena kekurangan zat besi.

3. Kaki gelisah

Sindrom kaki gelisah terjadi ketika Anda sedang duduk diam di kursi tapi terus merasakan keinginan untuk menggerakkan kaki. Perasaan itu digambarkan sebagai rasa terbakar, menarik, kesemutan atau sensasi serangga merayap dalam kaki. Beberapa penelitian menunjukkan kadar zat besi rendah dapat memicu masalah ini.

4. Mengidam es

Merasa ingin mengonsumsi es merupakan salah satu gejala defisiensi zat besi paling umum. Beberapa ahli berpendapat bahwa mengunyah es dapat menenangkan bengkak pada lidah.






(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id