NEWSTICKER
    Faya hidup Sobat yang kurang sehat hingga lingkungan hidup yang tidak higienis ternyata juga dapat membuat tubuh mudah sakit. Pexels
    Faya hidup Sobat yang kurang sehat hingga lingkungan hidup yang tidak higienis ternyata juga dapat membuat tubuh mudah sakit. Pexels

    Awas! Sepelekan 6 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Gampang Sakit

    Gaya Hidup Sehat Tips Kesehatan
    Putri Purnama Sari • 17 Januari 2023 16:43
    Jakarta: Pernahkah Sobat Medcom merasa kondisi tubuhmu gampang sakit. Sebenarnya, tubuh gampang sakit disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari daya tahan tubuh melemah atau sering terpapar kuman, virus, atau parasit.
     
    Namun, gaya hidup Sobat yang kurang sehat hingga lingkungan hidup yang tidak higienis ternyata juga dapat membuat tubuh mudah sakit. Dilansir dari Healthline, ada beberapa faktor yang kerap disepelekan dana membuat tubuh gampang sakit, di antaranya:
     

    1. Stres Berlebih


    Jika kamu mengalami stress berkepanjangan atau stres yang sudah menimbulkan masalah kesehatan mental. Misalnya, depresi.
     
    Jika tak mengelola stres dengan optimal, tubuh Sobat akan akan mudah sakit. Cobalah mencari kegiatan atau hobi yang dapat mengurangi tingkat stres.
     

    2. Pola makan kurang sehat


    Daya tahan tubuh sangat dipengaruhi pola makan. Makanan kaya nutrisi, seperti antioksidan, protein, omega-3, serta vitamin, dan mineral dapat membuat imunitas tubuh naik. Contohnya, sayur dan buah-buahan, telur, ikan, kerang, kacang, yoghurt, dan biji-bijian, seperti gandum.

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


    Sebaliknya, kebiasaan mengkonsumsi makanan tidak sehat dapat membuat daya tahan tubuh lemah dan rentan sakit. Karena itu, kurangi konsumsi makanan kurang sehat seperti makanan cepat saji atau makanan tinggi lemak jenuh, terlalu asin, atau terlalu manis.
     

    3. Kekurangan cairan


    Tubuh membutuhkan cairan yang cukup untuk bekerja optimal. Air putih merupakan pilihan terbaik untuk memasok cairan tubuh.
     
    Sobat Medcom dapat membiasakan diri langsung meminum air putih ketika merasa haus. Sebab, rasa haus adalah reaksi natural tubuh saat kekurangan cairan. Jangan tunda meminum air!
     
    Baca: Menkes Ingatkan Masyarakat Budayakan Hidup Sehat
     

    4. Jarang sikat gigi


    Jarang sikat gigi bukan hanya mempermudah pertumbuhan bakteri berbahaya yang kemudian masuk ke mulut. Plak atau karang gigi bisa mudah muncul jika Sobat tidak terbiasa rutin menyikat gigi.
     
    Secara tidak langsung, kondisi tersebut juga bisa memicu tubuh gampang sakit. Sebuah studi yang diterbitkan European Journal of Preventive Cardiology menemukan mereka yang menyikat gigi setidaknya tiga kali sehari lebih kecil kemungkinannya mengalami fibrilasi atrium dan gagal jantung.
     

    5. Jarang cuci tangan setelah beraktivitas


    Jarang cuci tangan setelah beraktivitas adalah hal yang tanpa sadar bikin kamu gampang sakit yaitu kebiasaan jarang cuci tangan. Pasalnya, tangan kotor setelah beraktivitas akan menjadi media perantara penyebaran kuman atau virus pemicu penyakit.
     
    Sejumlah penyakit yang bisa muncul ialah flu dan radang tenggorokan.
     

    6. Kurang tidur


    Seberapa sering Sobat memaksakan diri untuk begadang karena kerjaaan, menonton, atau sekadar bermain game? Ternyata kebiasaan begadang yang membuat Sobat kurang tidur ini bisa berakibat buruk bagi tubuh.
     
    Banyak penelitian mengatakan kebiasaan kurang tidur dapat menurunkan kemampuan alami tubuh untuk melawan infeksi. Bukan hanya itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.
     
    Karena itu, tidur yang cukup,  atau sekitar 7-9 jam setiap malam, sangat disarankan.
     
    (SUR)


    social
    FOLLOW US

    Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

    Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

    unblock notif