Perlu atau tidak menyemprotkan disinfektan dari tas belanja Anda? Pakar ini membagi informasinya untuk Anda. (Foto: Phuong Tran/Unsplash.com)
Perlu atau tidak menyemprotkan disinfektan dari tas belanja Anda? Pakar ini membagi informasinya untuk Anda. (Foto: Phuong Tran/Unsplash.com)

Perlukah Melakukan Disinfektan pada Barang Belanja?

Rona kesehatan virus corona covid-19
Raka Lestari • 02 April 2020 08:00
Jakarta: Penyebaran covid-19 di seluruh dunia membuat banyak orang mau tidak mau mengubah gaya hidup mereka, terutama gaya hidup yang berkaitan dengan kebersihan dan kesehatan. 
 
Dan kebiasaan berbelanja merupakan salah satu hal yang mungkin perlu dilakukan perubahan dari biasanya. Seperti dengan menyemprotkan cairan disinfektan pada barang-barang belanjaan sebelum dikonsumsi atau digunakan. Akan tetapi, apakah hal tersebut memang diperlukan?
 
Dr Perpetua Emeagi, seorang dosen Human Biology and Biological Sciences di Liverpool Hope University, menjelaskan bahwa menangani surat dan paket merupakan salah satu cara yang mungkin untuk penyebaran virus korona.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Permukaan seperti kardus dan plastik merupakan tempat yang aman dan nyaman untuk menjadi tempat berlindung virus korona, terutama paket seperti parsel atau surat,” ujarnya. 
 
“Dan jika Anda membiarkan paket tersebut di rumah, kemudian membawanya ke dapur atau area di mana banyak anggota keluarga, maka Anda membiarkan keluarga Anda terbuka terhadap infeksi virus korona.”
 
Akan tetapi, risiko tersebut berbeda pada kemasan makanan. National Health Service UK, menjelaskan bahwa secara umum tidak ada langkah-langkah khusus yang direkomendasikan jika Anda membawa barang belanjaan ke dalam rumah atau dapur Anda. 
 
Meskipun memang, virus korona sangat mungkin menyebar melalui paket atau kemasan makanan.
 
Bagaimanapun juga, risiko terbesar ketika sedang berbelanja adalah dari cara berbelanja itu sendiri. Itulah mengapa penting sekali untuk melakukan social distancing ketik sedang mengantre dan memerhatikan tanda-tanda untuk menjaga jarak yang mungkin sudah tersedia. 
 
Dan untuk keamanan yang lebih, selalu cuci tangan sebelum Anda berbelanja atau sesudah berbelanja.
 
Dan ketika mencuci tangan atau membersihkan sayur dan buah menggunakan sabun khusus yang aman untuk makanan, penting juga untuk memastikan tidak ada residu sabun yang tertinggal. Cuci sampai benar-benar bersih.
 
“Sabun pada dasarnya tidak diperuntukkan untuk membersihkan makanan. Sabun tidak dirancang untuk melakukan hal tersebut. Sabun dapat menyebabkan mual, muntah dan diare jika tertelan,” ujar Donald Schaffner, seorang food science specialist. 
 
Jika Anda ingin mengurangi potensi kotoran yang menempel pada makanan, bisa menggunakan tas belanja yang Anda bawa dari rumah. Bersihkan dengan sabun selesai Anda pakai.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif