Menurut NSF, dengan berpelukan setidaknya 10 menit sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. (Foto: Ilustrasi Pexels)
Menurut NSF, dengan berpelukan setidaknya 10 menit sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. (Foto: Ilustrasi Pexels)

Tetap Sehat dengan Hanya Berpelukan, Ini 4 Manfaatnya

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 10 Januari 2020 19:00
Jakarta: Berpelukan setidaknya satu kali sehari, bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk tetap sehat. Bersentuhan antara kulit dengan kulit seperti berpelukan, menggenggam tangan, atau menyentuh tangan seseorang ketika merasa sedih juga bisa memiliki manfaat yang sama seperti berpelukan.
 
“Manfaat menggerakkan kulit seperti memijat, memeluk, melakukan yoga, berjalan cepat, menggosok kulit saat mandi, meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional yang dibuktikan dengan berkurangnya rasa sakit, kecemasan, dan depresi,” jelas Tiffany Field , PhD, direktur Touch Research Institute di departemen pediatri di University of Miami School of Medicine.
 
Fields dan tim dari Touch Research Institute telah melakukan lebih dari 100 studi tentang pelukan, pegangan tangan, terapi pijat, dan yoga pada orang sehat dan mereka yang memiliki kondisi medis dan kejiwaan. Inilah yang mereka temukan tentang bagaimana tubuh Anda merespons terhadap pelukan:

1. Sistem saraf Anda lebih tenang

Pada dasarnya, tekanan di sekitar lengan (atau bahkan belaian tangan) memberi sinyal kepada otak Anda untuk lebih sedikit stres. Ketika kulit digerakkan, stimulasi reseptor tekanan di bawah kulit meningkatkan aktivitas vagal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aktivitas vagus ini, saraf kranial yang memiliki cabang ke beberapa bagian tubuh, mengarah ke sistem saraf yang lebih rileks," kata Fields.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem saraf yang dalam keadaan lebih rileks, termasuk detak jantung yang lebih rendah dan pola gelombang otak yang lebih santai, dapat membantu Anda mengurangi dampak pilek. Berpelukan tampaknya memberikan efek penyangga antara stres yang terkait dengan konflik dan kerentanan terhadap infeksi pernapasan.
 
"Hormon stres, termasuk kortisol, berkurang dan dengan demikian sel pembunuh alami meningkat. Ini membunuh bakteri, virus, dan bahkan sel kanker," kata Field.

3. Tidur lebih baik

Menurut National Sleep Foundation (NSF), dengan berpelukan setidaknya 10 menit sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Sedikit waktu untuk menyentuh kulit di siang hari juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda pada malam hari.
 
"Kami telah menemukan bahwa praktik yang melibatkan menggerakkan kulit mengarah ke tidur yang lebih dalam dan restoratif yang mengarah pada pengurangan rasa sakit,” kata Fields.

4. Meningkatkan hormon kebahagiaan

“Efek biokimia melalui sentuhan termasuk peningkatan serotonin (antidepresan alami tubuh dan anti-nyeri neurotransmitter) dan peningkatan oksitosin,” kata Field.
 
Menurut sebuah studi pada 2017 yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science, tingkat oksitosin yang lebih tinggi dikaitkan dengan persepsi yang lebih besar tentang respons dan rasa terima kasih kepada pasangan. Tentunya cinta yang lebih besar.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif