ilustrasi---(Foto: Pexels.com)
ilustrasi---(Foto: Pexels.com)

Jangan Makan Buah Ini Jika Anda Mengidap Diabetes

Rona diabetes
Medcom • 26 Oktober 2019 18:12
Jakarta: Buah-buahan adalah makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Tetapi jangan keliru, karena beberapa diantaranya memiliki kadar gula yang tinggi, yang tidak boleh dikonsumsi oleh pengidap diabetes.
 
Jika Anda memiliki diabetes, inilah daftar buah-buahan yang harus Anda hindari seperti dilansir Reader Digest.
 
1. Nanas

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda bisa merasakan nanas. Anda bisa mengetahui nanas memiliki kadar gula tinggi ketika menggigit sepotong nanas yang berair. 
 
Jus nanas yang manis dan lengket mengandung sekitar 16 gram gula per cangkir. Anda dapat mengurangi ukuran sajian dengan menambahkan parfait yogurt dengan nanas yang dipotong dadu.
 
2. Cranberry yang dimaniskan
 
Cranberry asli sebenarnya memiliki kadar gula yang rendah, hanya mengandung empat gram dalam satu cangkir. Namun, begitu Anda mengeringkan dan menambahkannya pemanis, itu bukan lagi pilihan sehat bagi penderita diabetes. 
 
Daripada memakan cranberry kering, lebih baik gunakan segenggam kecil sebagai topping untuk oatmeal atau salad.
 
3. Kismis
 
Meskipun kismis adalah makanan ringan yang mudah dibawa-bawa, mereka bukan pilihan terbaik jika Anda memiliki riwayat diabetes. 
 
Menurut Mayo Clinic, penderita diabetes harus membatasi porsi buahnya hingga 15 gram karbohidrat. Sedangkan, satu cangkir kismis mengandung 115 gram. Sebaiknya pilih anggur atau nikmati porsi kecil dengan segenggam almond untuk menyeimbangkan gula.
 
4. Jeruk keprok
 
Jeruk keprok mungkin terlihat mungil dan cocok di telapak tangan Anda, tetapi itu hanya tampilannya saja. Diketahui, satu cangkir atau sekitar dua jeruk keprok mengandung lebih dari 20 gram gula. 
 
Jadi lebih baik jauhi buah ini untuk merawat gula darah Anda. Jika tetap ingin memakannya, mungkin cukup gunakan sebagai topping dengan porsi kecil.
 
5. Mangga
 
Siapa yang tak suka mangga? Nikmat sekali menikmati sepotong buah musiman yang khas dengan rasa manisnya. Tetapi bagi Anda pengidap diabetes, mungkin ini bukan buah keberuntungan Anda.
 
Satu cangkir mangga mengandung 23 gram gula, jadi sebaiknya hindari buah mangga dan cobalah mencari buah yang rendah gula.
 
6. Ceri
 
Secangkir ceri terasa seperti camilan musim panas yang klasik, tetapi faktanya bisa membuat gula darah Anda melambung tinggi. Satu gelas ceri berisi 20 gram gula, dan itu mungkin masih belum membuat Anda kenyang.
 
7. Kiwi
 
Kiwi adalah buah yang indah berwarna hijau, ia memberi tampilah cantik ketika disandingkan dengan salad buah.
 
Tetapi jangan berlebihan mengonsumsi kiwi karena,  satu cangkir kiwi yang diiris memiliki sekitar 16 gram gula. Sebaiknya perhatikan porsinya atau cari buah lain.
 
8. Leci
 
Leci biasanya digunakan sebagai pemanis untuk hidangan penutup atau koktail. Namun tahukah Anda? satu porsi leci mengandung 29 gram gula. 
 
Jadi berhati-hatilah dalam memilih buah. Meskipun terlihat sehat, belum tentu buah tersebut cocok dengan kondisi badan Anda, terlebih lagi jika Anda mengidap diabetes.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif