Lidah buaya asli kaya akan senyawa anti-inflamasi dan penyembuhan dan memberikan sensasi dingin yang menenangkan untuk kulit gatal. (Ilustrasi/Pexels)
Lidah buaya asli kaya akan senyawa anti-inflamasi dan penyembuhan dan memberikan sensasi dingin yang menenangkan untuk kulit gatal. (Ilustrasi/Pexels)

Obat Alami untuk Mengatasi Psoriasis dan Eksim

Rona kesehatan kulit
Raka Lestari • 16 Januari 2020 12:04
Jakarta: Psoriasis dan eksim adalah dua kondisi kulit yang berbeda, namun keduanya memiliki gejala yang hampir sama yaitu kulit kering, kulit seperti tertarik, dan gatal. Banyak orang menggunakan produk yang lebih dari apa yang disarankan oleh dokter, untuk mengatasi kondisi kulit mereka. Padahal untuk mengatasi dua kondisi tersebut, perlu dikonsultasikan terlebih dahulu.
 
Seperti dilansir thehealthy, jika ingin memilih yang lebih aman, bisa menggunakan beberapa produk alami di bawah ini:
 
Kunyit

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penelitian telah mengaitkan senyawa aktif dalam kunyit, yaitu curcumin dengan pengurangan peradangan di sejumlah kondisi kulit, termasuk psoriasis. Berdasarkan uji klinis yang diterbitkan oleh BioMed Research International menemukan bahwa  curcumin dan steroid topikal lebih efektif dalam mengobati psoriasis dibandingkan dengan steroid topikal saja setelah 12 minggu.
 
Cuka apel 
 
Jika Anda memiliki luka psoriasis, cuka sari apel dapat membantu mengurangi rasa gatal dan bersisik, kata Jeanette Jacknin, MD, seorang dokter kulit bersertifikat dengan keahlian dalam dermatologi holistik dan cosmeceuticals alami di Solana Beach, California. Tambahkan sekitar setengah cangkir ke dalam seteguk air.   
 
Oatmeal 
 
Menggunakan oatmeal pada saat mandi juga dapat mengurangi rasa gatal. Haluskan oatmeal sampai halus, kemudian masukkan dalam air hangat. Kemudian berendam dalam air tersebut selama 15 menit. Menurut Dr Jacknin, selain oatmeal Anda juga bisa menggunakan garam laut mati sebagai pengganti oatmeal dengan efek yang sama.
 
Essential oil
 
Tambahkan satu atau dua tetes minyak esensial lavender atau mawar ke dalam bak mandi dengan air hangat, saran Dr Jacknin. Menurut Dr. Jacknin, Anda dapat mengencerkan minyak esensial tersebut dengan carrier oil atau minyak pengencer seperti jojoba oil dan bisa langsung mengaplikasikannya ke kulit untuk menyembuhkan kulit.
 
Lidah buaya
 
Lidah buaya asli kaya akan senyawa anti-inflamasi dan penyembuhan dan memberikan sensasi dingin yang menenangkan untuk kulit gatal. Sebuah studi tahun 2018 di Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences menemukan bahwa campuran  salep propolis dan lidah buaya dapat memberikan manfaat pada pasien psoriasis ringan hingga sedang.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif