Vokalis grup band Imagine Dragon, Dan Reynold mengaku kesulitan tampil di atas panggung beberapa waktu belakangan. Seorang ahli reumatologi mendiagnosisnya dengan ankylosing spondylitis atau nyeri sendi. (Foto: Courtesy of Billboard)
Vokalis grup band Imagine Dragon, Dan Reynold mengaku kesulitan tampil di atas panggung beberapa waktu belakangan. Seorang ahli reumatologi mendiagnosisnya dengan ankylosing spondylitis atau nyeri sendi. (Foto: Courtesy of Billboard)

Mengenal Ankylosing Spondylitis, Nyeri Sendi Parah Pemicu Kekakuan

Rona
Torie Natalova • 29 April 2019 12:28

Ankylosing spondylitis adalah radang sendi (arthritis). Gejalanya dapat berupa nyeri punggung dan sendi, penglihatan kabur, penyakit radang usus dan komplikasi lainnya. Ankylosing spondylitis biasanya diobati dengan obat antiperadangan dan terapi fisik untuk mengendalikan nyeri sendi dan kekakuan. 


 
Jakarta: Vokalis grup band Imagine Dragon, Dan Reynold mengaku kesulitan tampil di atas panggung beberapa waktu belakangan. Ia merasakan sakit aneh yang tidak bisa dijelaskan di bagian pinggul dan kekakuan di pagi hari. 
 
Seorang ahli reumatologi mendiagnosisnya dengan ankylosing spondylitis atau nyeri sendi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ankylosing spondylitis merupakan penyakit autoimun inflamasi yang dapat menyebabkan beberapa vertebra di tulang belakang melebur sehingga memicu rasa sakit dan kaku.
 
Gejalanya dapat berupa nyeri punggung dan sendi, penglihatan kabur, penyakit radang usus dan komplikasi lainnya. Sayangnya, penyakit ini agak sulit terdeteksi sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk didiagnosis dengan benar.
 
Menurut spesialis reumatologi Suleman Bhana, nyeri sendi dapat timbul berbeda dengan ankylosing spondylitis. Beberapa orang tidak merasakan sakit yang sama seperti Reynold, tetapi yang lain mungkin merasakan sakit di bagian lutut. 
 
Dalam kasus yang lebih parah, jenis penyakit radang ini dapat menyebabkan kerusakan pada sendi, radang mata, psoriasis, sindrom iritasi usus, peningkatan risiko kanker, penyakit kardiovaskular dan stroke.
 
Mengenal <i>Ankylosing</i> <i>Spondylitis,</i> Nyeri Sendi Parah Pemicu Kekakuan
(Vokalis grup band Imagine Dragon, Dan Reynold mengaku kesulitan tampil di atas panggung beberapa waktu belakangan. Seorang ahli reumatologi mendiagnosisnya dengan ankylosing spondylitis atau nyeri sendi. Foto: Courtesy of Alberto E. Rodriguez/Getty Images)

Faktor yang berperan

Beberapa ahli berpikir faktor genetika berperan sebagai penyebab penyakit nyeri sendi ini. Menurut Bhana, ini merupakan interaksi yang sangat kompleks antara genetika dan beberapa risiko lingkungan. 
 
Pada kasus Reynolds, ditemukan penanda genetik dalam darahnya dengan penyakit autoimun yang berkaitan dengan ankylosing spondylitis.
 
Selain genetika, faktor lingkungan juga dapat memicu ankylosing spondylitis memburuk. Merokok adalah faktor risiko terkuat yang dapat dimodifikasi untuk penyakit autoimun. 
 
Sayangnya, seperti penyakit rematik yang tidak memiliki obat, penyakit ankylosing spondylitis akan berada dalam tubuh seumur hidup. Namun, perawatan yang tepat dapat membantu mengatasi penyakit ini sehingga membuat penderitanya mampu bergerak kembali.
 
Ankylosing spondylitis biasanya diobati dengan obat antiperadangan dan terapi fisik untuk mengendalikan nyeri sendi dan kekakuan. Dalam kasus yang lebih serius, dokter dapat melakukan operasi untuk memperbaiki kerusakan sendi yang parah.
 
Menurut Bhana, ada peran penting untuk mengubah pola makan, olahraga dan gaya hidup yang berjalan seiring perawatan medis untuk mengatasi nyeri sendi. Jika tidak dikendalikan, ada kemungkinan penyakit ini menjalar ke peradangan lain yang memicu penyakit mematikan. 
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif