Mengalami tremor atau tangan yang bergetar perlu mendapatkan perhatian khusus oleh Anda. (Foto: Pexels.com)
Mengalami tremor atau tangan yang bergetar perlu mendapatkan perhatian khusus oleh Anda. (Foto: Pexels.com)

Penyebab Tangan Anda Selalu Bergetar

Rona kesehatan saraf
Raka Lestari • 23 April 2019 13:41
Mengalami tremor atau tangan yang bergetar perlu mendapatkan perhatian khusus oleh Anda karena hal tersebut mungkin bisa menjadi pertanda suatu kondisi kesehatan baik itu fisik maupun mental yang mungkin sedang Anda alami.
 

 
Jakarta:
Tremor atau kondisi tangan yang selalu bergetar adalah kejadian yang cukup sering dialami oleh banyak orang dan itu sebenarnya bukanlah suatu masalah yang besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, tangan yang mengalami tremor tersebut perlu mendapatkan perhatian khusus oleh Anda karena hal tersebut mungkin bisa menjadi pertanda suatu kondisi kesehatan baik itu fisik maupun mental yang mungkin sedang Anda alami.
 
"Beberapa area otak terlibat dalam pembangkitan dan kendali pergerakan dari tangan dan kaki," Katerina Markopoulou, MD, spesialis neurologis dan gangguan pergerakan di NorthShore University HealthSystem Neurological Institute.
 
Ia menambahkan, bagian otak yang terlibat di antaranya adalah bagian motor cortex di lobus frontal otak, ganglia basal (struktur jauh di dalam otak), dan batang otak (hubungan antara otak dan sumsum tulang belakang).
 
(Baca juga: Tujuh Tanda Kerusakan Saraf dalam Tubuh)
 
Dan dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab tangan Anda mengalami tremor:
 
Penyebab Tangan Anda Selalu Bergetar
(Tangan yang mengalami tremor tersebut perlu mendapatkan perhatian khusus oleh Anda karena hal tersebut mungkin bisa menjadi pertanda suatu kondisi kesehatan baik itu fisik maupun mental yang mungkin sedang Anda alami. Foto: Pexels.com)

1. Kafein

Terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menyebabkan tangan Anda gemetar dan tentunya itu bisa mengganggu aktivitas Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda membatasi konsumsi kafein Anda.
 
Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, batas maksimum konsumsi kafein harian adalah 400 mg kafein atau sekitar empat hingga lima cangkir kopi.

2. Hipertiroid

Tiroid adalah kelenjar kecil di leher Anda yang membantu mengendalikan banyak jantung, pencernaan, metabolisme, dan berbagai fungsi tubuh lainnya.
 
Ketika tiroid Anda bekerja secara berlebihan, selain detak jantung yang berdebar kencang, atau penurunan berat badan, biasanya ditandai juga dengan tangan yang selalu gemetar. Untuk mencegahnya, Anda bisa melakukan tes darah untuk mengetahui kadar tiroid Anda.

3. Penyakit Parkinson

Banyak orang yang menduga bahwa ketika seseorang mengalami tangan yang tremor penyebabnya adalah penyakit Parkinson atau Parkinson disease. Penyakit ini akan menyebabkan tangan Anda mengalami tremor meskipun Anda sedang tidak melakukan aktivitas apapun.
 
"Getaran ini dapat muncul dengan sendirinya atau dengan tanda-tanda lain seperti kekakuan, lambatnya gerakan, atau masalah keseimbangan," kata Dr Markopoulou.

4. Gangguan kecemasan sosial

Menurut International Essential Tremor Foundation, gangguan kecemasan sosial atau social anxiety disorder ini dapat terlihat dari kondisi fisik, salah satunya adalah ketika penderita penyakit ini berada pada situasi yang penuh tekanan maka mereka akan mengalami tremor atau bergetar pada tangannya.
 
Untuk orang-orang dengan gangguan saraf, getaran tersebut berkontribusi terhadap kecemasan sosial dan tekanan dari interaksi ini membuat tremor semakin buruk.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif