Fitness Trainer, Viktor Ristic dari Platinum Fitness di Dubai mengatakan jika ingin memiliki tubuh yang ideal salah satunya adalah set goal yang realistis. (Foto: Dok. Instagram Viktor Ristic/@victorious_fit)
Fitness Trainer, Viktor Ristic dari Platinum Fitness di Dubai mengatakan jika ingin memiliki tubuh yang ideal salah satunya adalah set goal yang realistis. (Foto: Dok. Instagram Viktor Ristic/@victorious_fit)

Cara Makan dan Olahraga yang Benar Saat Puasa

Rona olahraga kesehatan puasa
Kumara Anggita • 08 Mei 2019 15:34
Saat puasa banyak yang aji mumpung dan berangan-angan untuk punya tubuh ideal.  Tidak makan siang berarti bisa kurus. Tapi menurut Viktor Ristic dari Platinum Fitness, Dubai, UEA mengatakan tidak begitu. Ia memberikan tips jika ingin memiliki tubuh yang ideal salah satunya adalah set goal yang realistis, olahraga yang wajar dan jangan lupa makan makanan yang berkualitas.
 

 
Jakarta: Banyak orang yang memanfaatkan puasa untuk mengurangi berat badan. Namun ternyata usaha ini tidaklah efektif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Fitness Trainer, Viktor Ristic dari Platinum Fitness di Dubai dalam berpuasa orang suka sekali membuat kesalahan seperti makan makanan secara berlebihan dan membuat 'goals' badan yang tidak realistis.
 
Dua hal ini merupakan hal yang sia-sia dan bahkan akan menambah berat badan Anda. "Orang sering buat kesalahan dengan makan berlebih saat jam-jam tidak puasa atau mereka mencoba membuat 'goal' komposisi badan yang tidak realistis selama bulan puasa," ujar lelaki ramah ini.
 
Semua ini akan sia-sia karena ketika Anda selesai berpuasa, kebiasaan Anda akan hilang dan makan kembali seperti biasanya. Dan tentunya makan berlebih jika ditumpuk-tumpuk akan menambahkan berat Anda.
 
"Dua hal ini akan membawa Anda pada masalah ketika Anda berhenti berpuasa dan kembali ke kebiasaan makanan biasa."
 
"Simpelnya, makan berlebihan akan secara jelas menambahkan berat badan dan kedua tujuan yang tidak realistis akan membuat Anda di mode yang Anda tidak bisa jaga ketika puasa dihentikan dan Anda kembali ke rutin biasanya," ujar pria yang pernah berprestasi dua kali sebagai salah satu juri pada ajang besar Gov Games di Dubai ini.
 
Cara Makan dan Olahraga yang Benar Saat Puasa
(Dengan makan dan olahraga yang tepat, Anda akan mendapatkan hasil yang sesuai. Jangan terburu-buru, berikan tubuh Anda waktu untuk beradaptasi. Foto: Dok. Instagram Viktor Ristic/@victorious_fit)
 
Karena itu, cobalah untuk membuat tubuh dan mental Anda pada suasana yang normal. Jangan terlalu berikan tekanan dengan makan makanan yang sehat dan beraktivitas sewajarnya.
 
"Tidak makan dan minum lebih dari 12 jam sudah bikin stres secara fisik dan mental dan jangan memperburuk itu. Cobalah untuk lebih santai pada diri Anda dengan lebih aktif dan makan makanan yang bagus," jelas Viktor.

Hal yang perlu Anda lakukan antara lain:

1. Jangan coba untuk memperbaiki setahun yang buruk dalam satu bulan. Jangan buat tujuan yang tidak masuk akal.
2. Coba makan makanan yang berkualitas seperti banyak serat, protein, karbohidrat kompleks, dan garam untuk menahan sedikit air. Kalau Anda tidak bisa biasa dengan gula, coba untuk hindari gula sepenuhnya.
3. Olahraga yang wajar. Buat olahraga santai saja. "Jangan kejar personal record atau personal best (fokus kemampuan diri) dan satu kali repitisi maksimal, campur dengan 30 menit latihan berat diikuti dengan 20 kali intensitas rendah kardio," ujarnya.
 
Waktu paling optimal untuk olahraga adalah dengan mencobanya sendiri sampai Anda yang tahu karena semua orang berbeda-beda.
 
"Coba sebelum batalin puasa dengan latihan dengan intensitas rendah kalau berhasil. Bagus. Kalau tidak berhasil batalkan puasa dengan protein shake dan sepotong buah lalu olahraga," ujarnya.
 
"Kalau tak bisa juga, latihan 2/3 setelah iftar (buka puasa) Anda harus sadari mana yang paling Anda rasa bagus. Namun ingat berikan beberapa hari untuk menyadarinya," lanjutnya.
 
Dengan makan dan olahraga yang tepat, Anda akan mendapatkan hasil yang sesuai. Jangan terburu-buru, berikan tubuh Anda waktu untuk beradaptasi. Selamat mencoba!
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif