Ibu hamil yang mengalami HG harus melakukan rawat inap untuk mengatasi dehidrasi dan memberi nutrisi secara intravena. (Foto: Pixabay.com)
Ibu hamil yang mengalami HG harus melakukan rawat inap untuk mengatasi dehidrasi dan memberi nutrisi secara intravena. (Foto: Pixabay.com)

Bahaya Hyperemesis Gravidarum di Awal Kehamilan

Rona kehamilan
Torie Natalova • 19 Februari 2019 11:49
Jakarta: Tidak sedikit wanita hamil yang mengalami mual dan muntah ekstrem selama masa kehamilannya. Hyperemesis gravidarum (HG) adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan mual parah, muntah, pusing, penurunan berat badan dan dehidrasi.
 
Seringkali, kondisi ini dianggap sebagai mual di pagi hari atau morning sickness.
 
HG dapat menyebabkan muntah hingga 50 kali lipat sehari dan dalam kasus yang parah, ibu hamil yang mengalami HG harus melakukan rawat inap untuk mengatasi dehidrasi dan memberi nutrisi secara intravena.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa wanita tidak dapat menelan karena air liur di mulut mereka bisa memicu muntah. Lainnya seringkali merasa bau suami atau anak-anak mereka memicu rasa mual.
 
(Baca juga: Penelitian: Mual dan Muntah pada Awal Kehamilan Pertanda Baik)
 
Bahaya <i>Hyperemesis</i> <i>Gravidarum</i> di Awal Kehamilan
(HG dapat menyebabkan muntah hingga 50 kali lipat sehari dan dalam kasus yang parah, ibu hamil yang mengalami HG harus melakukan rawat inap untuk mengatasi dehidrasi dan memberi nutrisi secara intravena. Foto: Pixabay.com)
 
Penyebab penyakit HG diduga dari unsur genetik. Perlu diketahui juga bahwa jika Anda pernah mengalami HG di kehamilan pertama, kemungkinan besar Anda akan mengalaminya lagi di kehamilan kedua dan selanjutnya.
 
Apakah HG dapat membahayakan bayi Anda? Sebuah penelitian di Amsterdam mengamati bayi-bayi yang lahir dari wanita kekurangan gizi selama awal kehamilan.
 
Penelitian menemukan bahwa mereka lebih rentan terhadap penyakit jantung, kondisi yang berkaitan dengan stres dan obesitas di kemudian hari.
 
Jika Anda telah kehilangan lebih dari lima persen berat badan Anda sebelum kehamilan, Anda mungkin perlu menambahkan nutrisi ekstra.
 
Penting untuk segera ke dokter kandungan karena malnutrisi parah di minggu awal kehamilan dapat memicu komplikasi.
 
Apabila Anda mengalami mual dan muntah parah di awal kehamilan, Anda pasti kesulitan untuk mengonsumsi makanan maupun minuman. Anda mungkin bisa mengonsumsi biskuit atau roti dengan porsi sedikit namun sering.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif