Jeruk juga baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin mencoba untuk menurunkan berat badan. (Foto: Mae Mu/Unsplash)
Jeruk juga baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin mencoba untuk menurunkan berat badan. (Foto: Mae Mu/Unsplash)

Beberapa Kegunaan Lain dari Jeruk

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 12 Mei 2019 16:16
Jeruk selain untuk kesehatan tubuh Anda, ternyata memiliki kegunaan dan manfaat lain untuk sekitar Anda. Seperti menghilangkan bau tidak sedap yang ada di tempat sampah, hingga Eksfoliasi kulit Anda.
 
Jakarta: Buah jeruk sudah terkenal akan kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi. Vitamin C sendiri sangat baik bagi tubuh, terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
 
Jeruk juga baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin mencoba untuk menurunkan berat badan. Namun ternyata jeruk tidak hanya bermanfaat bagi tubuh Anda tetapi juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan rumah Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari jeruk selain untuk tubuh Anda:

-Menyingkirkan bau tidak sedap di tempat sampah

Sebaiknya Anda tidak langsung membuang kulit jeruk yang habis dikonsumsi. Kulit jeruk bisa memberikan wangi segar yang menghilangkan bau tidak sedap yang ada di tempat sampah. Anda hanya perlu menyebarkan kulit jeruk ke dalam tempat sampah rumah Anda untuk mendapatkan wangi segar dari jeruk.

-Menghilangkan bau di kulkas Anda

Kulit jeruk tidak hanya menghilangkan bau sampah, tetapi dapat menghilangkan bau yang menempel di kulkas Anda. Merry Maids, sebuah layanan pembersih rumah, menyarankan untuk menempatkan kulit jeruk yang diisi dengan garam di kulkas agar kulkas Anda tetap segar.  Potong jeruk menjadi dua, ambil isi jeruk kemudian isi kulitnya dengan garam dan selipkan saja di bagian belakang rak.

-Pembersih alami

Anda dapat membuat pembersih alami untuk rumah Anda hanya menggunakan jeruk dan cuka. Nate Masterson, kepala pengembangan produk alami dari Maple Holistics, menyarankan untuk memasukkan kulit jeruk ke dalam stoples berisi cuka dan diamkan selama dua minggu.
 
Kocok wadahnya sekali sehari, setelah dua minggu saring cairan tersebut ke wadah lain. Pembersih alami ini memiliki umur simpan yang sangat panjang dan baunya enak. Plus itu dapat membunuh kuman dengan aman dan efektif.

-Eksfoliasi kulit Anda

Celupkan potongan jeruk dalam gula kasar dan gosokkan secara perlahan di kulit Anda. Gula kasar tersebut dapat menghilangkan sel kulit mati dan sari dari jeruk dapat melembutkan kulit Anda. Scrub alami ini bisa Anda gunakan di wajah, tangan, dan kaki.

-Membersihkan kotoran

Peras kulit jeruk di atas bagian-bagian lengket pada alat-alat di dapur Anda, seperti wajan atau panci yang habis digunakan untuk memasak. Minyak alami yang keluar dari kulit jeruk merupakan pembersih alami yang sangat bagus. Minyak alami yang dikeluarkan kulit jeruk tersebut dapat membantu melunturkan kotoran yang menempel.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif