Studi: Olahraga Bantu Mempermudah Persalinan
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Olahraga sangat penting untuk kesehatan. Pada ibu hamil atau bumil, olahraga ringan membantu mengurangi nyeri punggung, meningkatkan energi, dan mempercepat pemulihan pasca-persalinan.

Balum lama ini, penelitian yang dilakukan Technical University of Madrid menemukan bahwa olahraga memengaruhi lama ibu hamil menghabiskan waktunya untuk bersalin.

Tim peneliti yang dipimpin Profesor Ruben Barakat melakukan penelitian terhadap 508 wanita sehat dengan membagi mereka menjadi dua kelompok. Sebanyak 253 perempuan dimasukkan ke dalam kelompok kontrol, sementara 255 perempuan ditempatkan dalam kelompok latihan.


Mereka yang berada dalam kelompok latihan diberi program latihan aerobik moderat selama kehamilan mereka, yang mereka ikuti selama tiga minggu.

Para peneliti kemudian menganalisis sejumlah faktor ketika  masing-masing wanita melahirkan, termasuk durasi setiap tahap persalinan, cara melahirkan, penambahan berat badan ibu, penggunaan epidural, dan berat bayi.

Mereka sampai pada kesimpulan bahwa ibu hamil yang mengikuti latihan aerobik selama kehamilan cenderung menghabiskan lebih sedikit waktu dalam persalinan daripada wanita yang tidak melakukannya.

Namun, neoplasia makrosomia, yaitu berat bayi yang lahir lebih besar secara signifikan dari rata-rata, lebih umum terjadi pada ibu di kelompok kontrol.

Kabar baiknya, olahraga selama kehamilan juga bisa membantu ibu mengembalikan kebugarannya setelah melahirkan,  dan mendapatkan kembali bentuk tubuh yang ideal.

Namun sebelum berolahraga, pastikan Anda mengonsultasikan ke dokter seputar olahraga apa yang sesuai dengan kondisi Anda.


Lihat video:





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id