Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Gubernur Kalteng Berencana Bangun Rumah Sakit Khusus Kanker

Rona kanker
K. Yudha Wirakusuma • 14 Agustus 2019 11:47
Kepala Dinas Kesehatan Kalteng bakal segera melakukan penelitian terkait penemuan obat kanker. Jika memang terbukti, maka Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran bakal segera membangun rumah sakit khusus kanker di Palangka Raya.
 

Palangka Raya: Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran berencana membangun rumah sakit khusus kanker di Palangka Raya. Namun sebelumnya, penemuan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Palangka Raya tentang obat kanker bakal diteliti.
 
"Kalau rumah sakit khusus pasien kanker akan dibuat di Palangka Raya, masyarakat dari luar daerah akan berobat ke sini dan pemasukan daerah tentunya juga akan meningkat. Apalagi obat penyembuh kanker itu hanya ada di daerah kita saja dan belum diketahui siapapun cara pembuatannya selain siswa SMAN-2 tersebut," kata Sugianto, seperti dikutip Antara, Rabu, 14 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, sugianto telah memperintahkan Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, untuk segera melakukan penelitian mengenai hal tersebut. Agar temuan itu juga segera dipatenkan.    
 
"Mereka ini juga sudah pernah memenangkan kejuaraan dunia di Korea tentang hal ini. Maka dari itu mereka harus benar-benar diperhatikan, karena apa yang didapatkan mereka itu sangat langka di dunia ini dan bahan obat tersebut hanya ada di Kalteng," ucapnya.    
Gubernur Kalteng Berencana Bangun Rumah Sakit Khusus Kanker
Herlita Gusran guru pembimbing dua siswa SMAN 2 Palangka Raya menunjukkan kayu bajakah tunggal berkhasiat sembuhkan kanker--MI/Surya Sriyanti
 
Tidak hanya itu, Gubernur Kalteng itu juga memberikan reward kepada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Palangka Raya. Bahkan para penemu obat kanker tersebut jangan sampai keluar daerah tidak izin dengan pemerintah daerah.  
 
Hal itu dilakukan agar ilmu yang mereka miliki itu tidak di ambil daerah lain serta negara-negara besar.  
 
"Mereka ini harus dijaga dengan baik, kalau pun mereka keluar daerah saya maunya
mereka izin dengan pemprov hal ini agar temuan mereka itu tetap dirahasiakan dan jangan dibeberkan ke orang lain,"  demikian Sugianto.
 
Sugianto dalam waktu dekat akan mematenkan temuan tentang obat kanker. "Obat kanker yang ditemukan tiga pelajar SMA-2 Palangka Raya itu segera di patenkan. Bahwasanya obat dari tumbuhan yang mereka olah dari batang pohon tersebut takutnya kalau tidak dipatenkan diambil oleh negara lain," kata Sugianto.    
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif