Gigi berlubang bukan hanya tempat bakteri, tapi juga bisa menyebabkan kelahiran prematur. (Foto: Pexels.com)
Gigi berlubang bukan hanya tempat bakteri, tapi juga bisa menyebabkan kelahiran prematur. (Foto: Pexels.com)

Kesehatan Gigi dan Kaitannya dengan Penyakit Kardiovaskular

Rona kesehatan gigi dan mulut
Raka Lestari • 05 Juli 2020 10:00
Jakarta: Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting. Jika kesehatan gigi dan mulut tidak terjaga, bukan hanya menyebabkan gigi berlubang saja, tapi juga bisa meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit lainnya. Salah satunya adalah Penyakit Kardiovaskular.
 
“Berbagai masalah yang dapat disebabkan apabila kita tidak rajin dan tidak rutin dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah bau mulut, plak, gusi bengkak, gusi mudah berdarah saat menyikat gigi, munculnya tartar yang menujukkan terjadinya pengerasan plak, dan gigi berlubang,” ujar drg. Theresia Dessy, seorang pakar kesehatan gigi, dalam acara edukasi virtual bersama Listerine, Kamis, 2 Juli 2020 lalu.
 
Ia menambahkan bahwa jika dibiarkan atau tidak dilakukan perawatan, maka dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada rongga mulut dan bahkan dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih rentan terhadap berbagai penyakit serius lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Orang dengan kesehatan gigi dan mulut yang buruk memiliki dua sampai tiga kali risiko terkena penyakit kardiovaskuler atau serangan jantung. Ini disebabkan karena peradangan pada gusi dan bakteri yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah,” ujar drg. Theresia.
 
Selain itu, menurutnya kontrol gula darah yang buruk bagi penderita diabetes juga dapat meningkatkan risiko dalam mengalami penyakit gigi dan mulut yang disebut periodontitis. Periodontitis adalah infeksi gusi yang merusak jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Kondisi ini perlu segera diobati karena dapat menyebabkan gigi tanggal.
 
“Gigi berlubang yang menjadi tempat bermukimnya bakteri bisa menyebar langsung ke organ tubuh lainnya, termasuk paru-paru dan memicu pneumonia. Dan pada ibu hamil, gigi berlubang dapat menyebabkan kelahiran prematur yang diakibatkan oleh infeksi,” tambahnya.
 
Untuk itu, penting sekali merawat kesehatan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi secara benar. Minimal dua kali sehari secara rutin guna menghindari penumpukan plak di rongga mulut. 
 
Selain menyikat gigi, flossing juga merupakan salah satu bagian penting dari rangkaian perawatan mulut. Dan agar pembersihan gigi dan mulut lebih menyeluruh, bisa menggunakan obar kumur agar sisa-sisa bakteri yang bersarang di mulut terutama gigi dan gusi bisa lenyap.
 

(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif