Makanan produk susu seperti susu, keju, fromage frais, dan yoghurt, penting dikonsumsi dalam kehamilan. (Ilustrasi/Pexels)
Makanan produk susu seperti susu, keju, fromage frais, dan yoghurt, penting dikonsumsi dalam kehamilan. (Ilustrasi/Pexels)

Perhatikan Produk Susu saat Hamil

Rona hamil
Sunnaholomi Halakrispen • 04 Juli 2020 18:06
Jakarta: Terdapat banyak produk susu yang dijual di pasaran. Beragam kandungan baik pun tersedia di dalam masing-masing produk. Namun, bagi ibu hamil, harus diperhatikan ketika mengonsumsi produk susu.
 
Dikutip dari Express, makanan produk susu seperti susu, keju, fromage frais, dan yoghurt, penting dikonsumsi dalam kehamilan. Sebab, mengandung kalsium dan nutrisi lainnya yang Anda dan bayi Anda butuhkan.
 
Varietas rendah lemak cenderung lebih baik untuk Anda. Pilihlah susu semi-skim, 1 persen lemak atau skim, yogurt rendah lemak, rendah gula, dan keju keras rendah lemak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika Anda lebih suka alternatif susu seperti minuman kedelai dan yoghurt, pilihlah versi yang tanpa pemanis, yang diperkaya kalsium. Pilihan alternatif tersebut aman untuk dikonsumsi.
Namun, ada beberapa keju yang harus Anda hindari karena produk susu yang tidak dipasteurisasi mungkin mengandung bakteri listeria. 
 
Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi yang disebut listeriosis. Akibat mengonsumsinya, dapat menyebabkan keguguran, lahir mati, atau membuat bayi yang baru lahir sangat buruk kondisi kesehatannya.
 
Meskipun kemungkinan ini sangat tipis, Anda harus menghindari sejumlah makanan. Di antaranya, keju lunak yang dimatangkan dengan lapisan putih di bagian luar, seperti brie, camembert, dan chevre. Kecuali, jika keju-keju itu dimasak sampai panas mengepul.
Kemudian, menghindari konsumsi keju biru lembut, seperti Denmark biru, Gorgonzola dan Roquefort. Kecuali, jika dimasak sampai panas mengepul.
 
Selain itu, menghindari konsumsi susu sapi yang tidak dipasteurisasi, susu kambing, atau susu domba. Juga menghindari makanan apa pun yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi, seperti keju kambing lembut.
 

 

(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif