Wisma Atlet yang kini menjadi rumah sakit darurat. (Foto: Vicky Gustiawan /MI)
Wisma Atlet yang kini menjadi rumah sakit darurat. (Foto: Vicky Gustiawan /MI)

Jumlah Kunjungan Pasien di RS Darurat WIsma Atlet Mencapai 102 Orang

Rona Virus Korona virus corona covid-19
Raka Lestari • 25 Maret 2020 15:38
Jakarta: Wisma Atlet Kemayoran digunakan oleh pemerintah untuk dijadikan rumah sakit darurat dalam menangani covid-19 di Indonesia. Wisma Atlet sendiri memiliki tujuh tower yang dibagi menjadi tiga zona, yaitu zona hijau, zona kuning, dan zona merah.
 
Jubir Pemerintah untuk covid-19 dr. Achmad Yurianto mengatakan hingga Selasa sore (24/3) kunjungan pasien covid-19 ke RS Darurat Wisma Atlet ada 102 orang. Ada 71 orang di antaranya dirawat dan 31 orang tidak perlu dirawat.
 
“Secara umum kondisi mereka sakit ringan sedang,” ujar Yuri pada Konferensi Pers di Gedung BNPB, Selasa, 24 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dari awal direncanakan bahwa RS darurat tersebut bagian dari karantina rumah sakit. Pasien yang berada di RS darurat tersebut adalah pasien yang dipastikan tidak mungkin dilakukan isolasi diri di rumah atau pasien yang membutuhkan layanan monitoring secara intensif dari tim kesehatan," sambungnya.
 
Hal ini tentu berbeda dengan karantina perorangan atau self isolation. Self isolation sendiri bisa dilakukan oleh masyarakat dalam kasus dengan keluhan ringan atau bahkan tanpa keluhan.
 
Menurut Yuri, 80 persen dari kasus positif yang berada dalam keluhan gejala ringan sampai sedang hanya dengan melakukan isolasi di rumah sudah dianggap efektif.
 
“Keberadaan RS Darurat Wisma Atlet ditujukan sebagai barrier awal untuk mengurangi beban RS rujukan,” imbuh Yuri.
 
Ia juga menambahkan bahwa yang paling utama dalam pengelolaan pencegahan dan pengendalian covid-19 adalah dengan menjaga jarak fisik satu sama lain. Dengan melakukan ini, diharapkan dapat mempercepat pemutusan rantai penularan yang ada di masyarakat.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif