Ada beberapa cara mudah untuk menghentikan rasa kesal. (Foto: Pexels.com)
Ada beberapa cara mudah untuk menghentikan rasa kesal. (Foto: Pexels.com)

Cara Mengurangi Rasa Kesal

Rona psikologi
Kumara Anggita • 12 Februari 2020 12:01
Jakarta: Rasa kesal adalah perasaan yang tidak enak untuk terus dipertahankan. Sedihnya, ketika itu terjadi, Anda tak tahu cara menghentikannya.
 
Hal ini bisa bikin buat Anda semakin frustasi. Namun, Anda tak perlu khawatir karena sesungguhnya ada beberapa cara mudah untuk menghentikan rasa kesal.
 
Berikut cara untuk menghentikan rasa kesal seperti dilansir dari Psychology Today.

1. Cari tahu sumber kekesalan

Cara terbaik untuk mengurangi kekesalan adalah dengan mencari tahu apa yang membuat Anda marah dan kemudian mengatasinya. Identifikasi hal apa yang buat Anda langsung marah. Penting untuk mengingat kekesalan Anda terasa begitu rumit pada waktu itu namun sesungguhnya masalah itu bisa saja sangat kecil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cara Mengurangi Rasa Kesal
(Kurangi kafein di malam hari disebut Winch bisa mengurangi sumber kemarahan. Jadi, sebaiknya hentikan minum berkafein jika ingin tidur dan beristirahat, agar waktu istirahat Anda bisa fokus. Foto: Pexels.com)

2. Kurangi kafein dan alkohol

Guy Winch Ph.D dalam "7 Quick Ways to Stop Being Irritable" mengatakan terlalu banyak kafein di siang hari dan terlalu banyak alkohol di malam hari sering menjadi sumber kemarahan bagi banyak orang. Jadi pertimbangkan untuk menguranginya.

3. Sayangi diri Anda

Berbelas kasih dengan diri sendiri bisa menjadi cara yang ampuh untuk menenangkan emosi. Akui (di kepala Anda) bahwa Anda merasa sangat mudah tersinggung dan betapa tidak menyenangkannya perasaan itu.
 
Kemudian bayangkan pelukan dari seseorang yang peduli dengan Anda. Setelah Anda merasa sedikit lebih baik, gunakan belas kasih Anda untuk mempertimbangkan bagaimana kekesalan yang Anda pancarkan membuat memengaruhi orang di sekitar Anda.

4. Cari perspektif

Pada saat kesal semua jadi terasa besar. Luangkan beberapa menit untuk mengingatkan diri Anda tentang gambaran yang lebih besar seperti kesehatan, keluarga, dan pekerjaan yang Anda miliki.

5. Diam dan menyendiri

Temukan tempat yang tenang untuk memikirkan berbagai hal atau melepaskan diri dari keributan dan aktivitas di sekitar Anda. Kekesalan merupakan cara pikiran Anda mengingatkan Anda bahwa Anda perlu istirahat.
 
Dengarkanlah musik, lakukan peregangan atau yoga, bermeditasi, atau mandi busa. Ketika Anda selesai menikmati diri Anda, ambil napas dalam-dalam dan siapkan diri Anda untuk kembali ke orang-orang.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif