Jika Anda memiliki tanda-tanda keguguran seperti di bawah ini segera hubungi dokter atau bidan. (Foto: Soroush Karimi/Unsplash.com)
Jika Anda memiliki tanda-tanda keguguran seperti di bawah ini segera hubungi dokter atau bidan. (Foto: Soroush Karimi/Unsplash.com)

Penyebab Keguguran di Awal Kehamilan

Rona kesehatan
27 Desember 2018 15:33
Jakarta: Keguguran atau yang disebut dengan early miscarriage adalah hal yang sangat umum terjadi. Bahkan seringnya terjadi keguguran itu sebelum Anda menyadari bahwa sedang hamil.

Ini terjadi jika sekitar setengah dari sel telur yang terfertilisasi hilang pada hari-hari awal kehamilan, bahkan sebelum tes kehamilan dilakukan.

Setelah hasil positif pada tes kehamilan, sekitar 10-20 persen kehamilan berakhir dengan keguguran. Keguguran pada umumnya terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan, dikutip dari BabyCenter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Keguguran itu sendiri adalah kehilangan janin secara spontan dalam kehamilan minggu ke-20, indikasi menunjukkan bahwa terjadi sesuatu pada janin yang tidak berkembang dengan baik. Situasi ini, tidak termasuk di mana Anda kehilangan sel telur yang dibuahi sebelum kehamilan ditetapkan. Penelitian telah menemukan, bahwa 30 hingga 50 persen telur yang dibuahi hilang sebelum atau selama proses implantasi.  


(Keguguran atau yang disebut dengan early miscarriage adalah hal yang sangat umum terjadi. Bahkan seringnya terjadi keguguran itu sebelum Anda menyadari bahwa sedang hamil. Ini terjadi jika sekitar setengah dari sel telur yang terfertilisasi hilang pada hari-hari awal kehamilan, bahkan sebelum tes kehamilan dilakukan. Foto: Chad Madden/Unsplash.com)

(Baca juga: Studi: Paparan Radiasi Elektronik Tinggi Bisa Picu Keguguran)

Keguguran pada tahap kehamilan apapun dapat menyebabkan shock dan perasaan kehilangan, walaupun keguguran terjadi pada tahap awal kehamilan, Anda tetap boleh bersedih dan menangisi kehilangan Anda.

Banyak wanita hamil bertanya-tanya, bagaimana Anda bisa mengetahui jika terjadi keguguran? Apalagi terhadap wanita yang baru memiliki anak.

Jika Anda memiliki tanda-tanda keguguran seperti di bawah ini segera hubungi dokter atau bidan sehingga bisa ditangani, di antaranya:

1. Berdarah atau bercak
Perdarahan atau bercak di bagian vagina Anda merupakan tanda pertama keguguran. Perlu diingat, bahwa 1 dari 4 wanita hamil mengalami peristiwa tersebut (menemukan bercak darah dalam celana) di awal kehamilan tidak selalu berujung dengan keguguran.  

2. Sakit perut atau kram
Nyeri perut menjadi salah satu tanda keguguran pada kehamilan Anda, tetapi tak jarang wanita hamil menanggapinya dengan serius. Dikarenakan nyeri perut hampir sama dengan tanda datangnya menstruasi.

Nyeri perut biasanya dimulai setelah Anda pertama kali mengalami pendarahan. Mungkin akan terasa kram atau presisten yang ringan atau berat bahkan terasa lebih seperti nyeri punggung bawah.

Maria Fransiska




(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi