Tips Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Yatin Suleha 30 November 2018 06:00 WIB
kehamilan
Tips Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Berikut ini adalah tips mencegah keputihan pada bumil. (Foto: Olliss/Unsplash.com)
Jakarta: Saat Anda hamil hormon Anda berubah. Dan ada juga beberapa ibu hamil yang timbul keputihan selama hamil. Apakah ibu hamil perlu khawatir?

Dr. Ari Waluyo, SpOG, menjelaskan bahwa, "Tidak perlu khawatir dengan keputihan. Berubahnya keseimbangan pH pada vagina ibu selama hamil, bisa menyebabkan keputihan. Namun jangan khawatir, karena ini normal terjadi pada Bumil," ucap dr. Ari.

Walau dampaknya jika terus dibiarkan dan tidak segera diatasi dapat menyebabkan kelahiran prematur, ketuban pecah sebelum waktunya, dan bayi berat lahir rendah, namun bumil jangan panik dulu karena pada keputihan yang dikategorikan normal tidak perlu ada terapi khusus, yang penting adalah membersihkan organ intim secara benar dan teratur.



(Dr. Ari Waluyo, SpOG, menjelaskan bahwa, "Tidak perlu khawatir dengan keputihan. Berubahnya keseimbangan pH pada vagina ibu selama hamil, bisa menyebabkan keputihan." Foto: Cason Asher/Unsplash.com)

(Baca juga: Ciri Keputihan yang Tak Berbahaya)

"Cukup dengan membersihkan vagina dengan air bersih serta menjaga agar pakaian dalam tetap kering dan bersih setiap saat. (Jika perlu ganti setelah siang hari). Sedangkan pada keputihan yang tidak normal sesuai dengan penyebabnya harus segera mendapatkan pengobatan medis. Demikian pula untuk keputihan yang terjadi pada masa kehamilan," tambah dr. Ari lagi.

Dan berikut ini adalah tips mencegah keputihan pada bumil:

1.      Jaga kebersihan daerah vagina dengan baik
2.      Bersihkan dan keringkan selalu vagina
3.      Bila celana menjadi lembap atau basah karena Bumil sering buang air kecil, maka gantilah dengan yang bersih dan kering (Gantilah celana lebih sering bila perlu)
4.      Pakailah celana dalam dari bahan katun yang lebih mudah menyerap keringat





(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id