Sepuluh Perawatan Kulit Terbaik Pasca Melahirkan
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Kulit kendur dan bekas stretch mark menjadi salah satu masalah kulit yang sering dikeluhkan wanita pasca melahirkan. Banyak yang bertanya, apakah kulit bisa kembali kencang seperti semula.

Meski butuh waktu lama untuk memulihkan kondisi kulit seperti saat belum melahirkan, ada beberapa perawatan yang bisa Anda coba. 

1. Dilansir dari The Health Site, pembersih, penyegar, dan pelembab adalah peralatan yang tak boleh digunakan. Meskipun tubuh lelah setelah seharian mengurus si kecil dan ingin tidur sejeanak, perawatan wajah dasar ini tetap harus dilaksanakan. 


2. Membersihkan wajah dua kali sehari menjadi hal yang penting. Kebiasaan tersebut menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan mencegah jerawat. Ketidakseimbangan hormon pascamelahirkan dapat menimbulkan jerawat. Cara mudah untuk mencegahnya adalah dengan menjaga pori-pori kulit tetap bersih dari kotoran dan minyak berlebih di kulit. 

3. Penyegar wajib digunakan karena cairan tersebut membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit.

4. Mengelupas kulit dapat membantu menjaga agar kulit tetap lembut dan lentur karena menghilangkan sel kulit mati. Mengelupas kulit sebaiknya tidak dilakukan lebih dari tiga kali seminggu. Cukup gunakan scrub untuk menghilangkan kulit-kulit mati. 

5. Selama kehamilan, tubuh menggunakan banyak darah dan air untuk mempertahankan bayi yang sedang tumbuh. Dengan demikian, kelembapan tersedot keluar dari kulit. Inilah mengapa penting untuk menghidrasi kulit di masa postpartum. Gunakan pelembab berbahan dasar air atau serum asam Hyaluronic yang mengunci kelembapan kulit. 

6. Gunakan tabir surya secara rutin untuk menghindari chloasma yang merupakan perubahan warna kulit selama masa kehamilan. Paparan sinar matahari memperburuk bintik-bintik hitam tersebut. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan tabir surya sebanyak dua atau  tiga kali setiap hari. 

7. Kurang tidur adalah penyebab utama kulit yang kusam, lelah, lingkaran hitam dan mata bengkak. Jadi, usahakan untuk tidur ketika bayi tidur, ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan tidur dan istirahat yang baik.

8. Oleskan krim mata kering dan tekan lembut bagian kelopak mata dengan sendok dingin atau irisan mentimun dingin dalam kondisi tata tertutup. 

9. Minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari dan lakukan diet sehat.

10. Untuk menghindari guratan atau stretch mark, mulailah menggunakan pelembap atau minyak yang kaya vitamin E, minyak zaitun atau mentega coklat saat dan setelah masa kehamilan.

Lihat video:





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id