Alasan Mengapa Anda Sering Menunda Sesuatu
Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda menunda sesuatu dan bagaimana cara menghadapinya. (Foto: Štefan Štefan?ík/Unsplash.com)
Jakarta: Menunda sesuatu adalah sesuatu yang normal dan hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah penyebab dari mengapa Anda menunda melakukan sesuatu dan bagaimana cara Anda untuk melawannya. 

"Penundaan bukan hanya menghindari atau menunda tugas," ujar David Ballard, kepala American Psychological Association's Center for Organizational Excellence.

Dikutip dari TIME, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda menunda sesuatu dan bagaimana cara menghadapinya.


(Baca juga: Tips Sukses ala Martha Tilaar)

1. Karena masalah waktu
Banyak orang yang secara alami memang hanya produktif pada waktu-waktu tertentu. "Jika Anda tahu Anda bekerja lebih baik di pagi hari pada jenis tugas tertentu, jadwalkan untuk mengerjakannya saat itu," kata Ballard. "Jangan mencoba melakukannya pada saat Anda lelah atau pada waktu-waktu di mana Anda tidak merasa produktif."


(Jika perilaku Anda menyebabkan Anda kesusahan atau sangat memengaruhi kinerja Anda di tempat kerja, sekolah atau rumah, jangan takut untuk berkonsultasi dengan profesional. Foto: Valeriy Khan/Unsplash.com)

2. Merasa kewalahan dengan tugas-tugas besar
"Banyak orang menunda karena mereka khawatir tentang hasil proyek, tidak berpikir mereka dapat menyelesaikannya dengan baik atau takut gagal," kata Alexander Rozental, seorang psikolog klinis di Karolinska Institutet di Swedia. Jika itu yang terjadi cobalah untuk mengerjakan tugas-tugas yang lebih kecil terlebih dahulu sebelum mengerjakan tugas-tugas besar.

3. Mudah terdistraksi
Jika hal ini yang menyebabkan Anda sering menunda pekerjaan, Ballard menyarankan agar Anda mengoptimalkan lingkungan Anda. "Letakkan ponsel Anda, matikan notifikasi di komputer Anda dan cobalah untuk tetap fokus pada tugas Anda, paling tidak sampai tugas penting atau tugas besar Anda terselesaikan."

4. Karena masalah yang lebih besar
Ballard mengatakan kadang-kadang apa yang tampak seperti menunda suatu pekerjaan mungkin sebenarnya merupakan gejala dari sesuatu yang lebih serius, seperti depresi, kecemasan atau masalah perhatian.

Jika perilaku Anda menyebabkan Anda kesusahan atau sangat memengaruhi kinerja Anda di tempat kerja, sekolah atau rumah, jangan takut untuk berkonsultasi dengan profesional. 

"Dapatkan dukungan tambahan dan bantuan dari seorang profesional yang dapat membantu Anda mengelola hal-hal tersebut sehingga tidak menghalangi kinerja pekerjaan Anda," katanya.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id