Tanda Awal Penyakit Alzheimer
Tanda-tanda awal yang potensial dalam Alzheimer lainnya adalah ketika orang mulai kehilangan minat pada hobi favorit mereka. (Foto: Ben White/Unsplash.com)
Jakarta: Alzheimer adalah suatu penyakit yang cukup membahayakan, atau banyak juga yang menyebutnya sebagai penyakit pikun. Dan penyakit ini umumnya menyerang orang-orang yang sudah lanjut usia.

Namun, tidak berarti mereka yang masih muda tidak akan pernah mengalaminya. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik tua maupun muda. Dan dilansir dari Rd.com berikut ini adalah beberapa tanda penyakit alzheimer.

1. Terlalu mengkhawatirkan memori Anda
Menurut sejumlah studi dari Alzheimer's Association conference menemukan bahwa orang-orang yang khawatir tentang ingatan dan pemikiran mereka sendiri ternyata lebih mungkin memiliki tanda-tanda Alzheimer di otak mereka, dan mengembangkan gejala demensia di kemudian hari. 


2. Sulit mengingat kejadian yang baru dialami
Melupakan percakapan penting atau kejadian-kejadian penting yang baru saja terjadi bisa menjadi tanda-tanda penyakit alzheimer.

"Jika Anda ingat bahwa Anda lupa sesuatu, seperti kunci Anda, itu berarti otak Anda masih mencoba mengakses informasi itu," kata Reisa Sperling, MD, direktur Pusat Penelitian dan Perawatan Alzheimer di Brigham and Women's Hospital di Boston.

Tidak bisa mengingat nama seorang aktor di film tetapi dapat mengingatnya nanti malam atau keesokan harinya mungkin bukan tanda penyakit Alzheimer.

(Baca juga: Fakta-Fakta dari Penyakit Mematikan Alzheimer)


(Menurut sejumlah studi dari Alzheimer's Association conference menemukan bahwa orang-orang yang khawatir tentang ingatan dan pemikiran mereka sendiri ternyata lebih mungkin memiliki tanda-tanda Alzheimer di otak mereka. Foto: Yakobchuk Viacheslav/Shutterstock)

3. Kehilangan arah saat mengemudi
Hal ini sangat relevan jika seseorang menjadi bingung atau kehilangan arah di tempat yang sering mereka kendarai misalnya, jika mereka harus mengambil rute pulang yang sedikit berbeda dan mengalami kesulitan untuk kembali ke tujuan yang sudah dikenalnya, itu mungkin bisa menjadi pertanda adanya alzheimer. 

4. Melewatkan acara-acara sosial
"Kami telah melihat bahwa kesulitan mengikuti percakapan, terutama dalam kelompok, dapat menjadi tanda awal Alzheimer," kata Dr Sperling. Ia sering mendengar pasien dengan tanda-tanda awal penyakit Alzheimer mengatakan bahwa mereka tidak suka pergi makan siang bersama teman-teman mereka seperti dulu karena mereka merasa tidak mengerti dengan lelucon atau mengikuti percakapan.

5. Kehilangan minat terhadap hobi atau kesukaan 
Tanda-tanda awal yang potensial dalam Alzheimer lainnya adalah ketika orang mulai kehilangan minat pada hobi favorit mereka. "Perubahan otak yang berhubungan dengan Alzheimer dapat menyebabkan apatis, yang membuat orang kehilangan motivasi," kata Dr Sperling.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id