Terdapat sejumlah fakta terkait wanita hamil di usia 40-an. Berikut informasinya. (Foto: Pixabay.com)
Terdapat sejumlah fakta terkait wanita hamil di usia 40-an. Berikut informasinya. (Foto: Pixabay.com)

Fakta Terkait Hamil di Usia 40 Tahun

Rona kehamilan
Sunnaholomi Halakrispen • 14 Januari 2019 19:14
Jakarta: Kehamilan merupakan momen yang dinantikan calon ibu dan tidak ada usia benar atau salah untuk memiliki bayi. Dilansir dari Mother and Baby, terdapat sejumlah fakta terkait wanita hamil di usia 40-an atau kepala empat.
 
1. Kesuburan ibu
Ketika hamil di usia 40-an, tingkat kesuburan ibu terbilang rendah. Jumlah telur yang dimiliki pada usia ini dapat bervariasi. Namun, beberapa wanita memiliki cadangan yang lebih baik.
 
"Telur Anda akan memiliki risiko cacat kromosom yang lebih tinggi, yang dapat menyebabkan masalah perkembangan, seperti sindrom Downs," ujar Penelope.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca juga: Risiko Hamil di Usia 35 Tahun ke Atas)
 
2. Hal yang harus diperhatikan
Bersiaplah untuk menjadi seorang ibu. Pasalnya, Anda akan mengetahui apa saja yang Anda inginkan dan bagaimana cara memintanya.
 
Hal tersebut berdampak pada berbagai hal, di antaranya tentang pilihan menyusui dan kelahiran. Keduanya, secara statistik, memiliki tingkat penyerapan yang lebih tinggi dibandingkan kehamilan pada wanita berusia 20-an.
 

(Foto: Pixabay.com)
 
3. Hal yang tidak mungkin dilakukan
Hal yang paling tidak mungkin dilakukan, salah satunya terkait masalah kesehatan saat hamil. Masalah kesehatan yang perlu diperhatikan ialah sistem pembuluh darah yang kurang kuat.
 
Penyakit yang perlu diperhatikan di antaranya, jantung, paru-paru, arteri, dan vena. Kemudian, hal tersebut dapat memengaruhi risiko tekanan darah tinggi.
 
4. Hal yang bisa dilakukan
Ibu yang hamil di usia 40-an rentan mengalami depresi pascanatal. Jadi, upayakan mengandalkan jaringan yang Anda miliki untuk mendapatkan dukungan.
 
5. Pernyataan para ahli
Para ahli menyampaikan bahwa wanita yang hamil di usia 40-an dapat memiliki kehamilan langsung. Maka, sang ibu tidak perlu stres.
 
"Menjalankan maraton lebih mudah ketika Anda masih muda, tetapi bukan hanya orang yang berusia 20-an yang menjalankannya," tutur Mia.
 
Selain itu, dilansir dari Very Well Family, walaupun terdapat tantangan yang harus diatasi, Anda harus ingat bahwa Anda tidaklah sendirian. Pasalnya, jumlah wanita yang hamil di usia 40-an kian hari semakin meningkat.
 
Apabila proses kehamilan dijalani dengan perawatan prenatal yang tepat, masih ada kemungkinan besar untuk Anda memiliki bayi yang sehat. Anda pun harus menikmati kehamilan Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi