Anak Sering Mengompol, Waspadai Gejala Diabetes
(Foto: Daily Mail)
Jakarta: Diabetes melitus (DM) adalah penyakit tak menular yang perlu diwaspadai. Tak hanya orang dewasa, anak pun bisa terkena gangguan ini.

Jika demikian, apa saja pertanda anak mengalami DM? Menurut DR. dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K) selaku Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ada satu hal yang perlu jadi perhatian khusus dari sekian banyak gejala.

"Anak sering mengompol, hal yang pertama Anda pikirkan sebaiknya diabetes," ujarnya dalam temu media Anak Juga Bisa Diabetes, Rabu 31 Oktober 2018.


Rasa haus membuat anak selalu minum, sementara kemampuan tubuh tak dapat mengimbangi karena sistem pencernaan cairan yang tak baik. Dengan demikian, anak menjadi sering buang air kecil, terutama di malam hari.

Selain itu, anak juga banyak minum. Rasa haus tersebut disebabkan karena tubuh tak bisa memproduksi hormon insulin sehingga menhalami dehidrasi.

Tak hanya haus, anak dengan DM juga cepat lapar. Bahkan setelah ia makan pun tetap ingin mengunyah. Hal ini dipicu oleh jumlah insulin yang tak memadai sehingga gula dalam tubuh tak bisa diolah menjadi energi.

Meski banyak makan, terjadi penurunan berat badan secara drastis pada anak dengan DM. Penyusutan otot dan lemak terjadi karena tubuh tak mampu menyerap gula darah dalam tubuh sehingga mengambil dari area tersebut.

Gejala lain DM yang cukup terlihat adalah mudah marah dan kelelahan. Karena asupan energi tak normal, anak mudah merasa letih, di mana itu juga berdampak pada psikologis. Akibatnya, anak mudah marah dan capek dalam keseharian.

Beberapa gejala lain dari anak dengan DM yang cenderung terlihat adalah sesak napas, mudah syok, dan napas berbau keton. 




(DEV)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id