Penyebab Kesehatan Usus Memburuk
Penyebab Kesehatan Usus Memburuk (Foto: gettyimages)
Jakarta: Dalam usus atau pencernaan kita, memiliki beberapa jenis mikroba termasuk jamur Candida albicans. Jika jamur ini menjadi banyak, akan menyebabkan peradangan tingkat rendah dan stres pada sistem kekebalan tubuh.

Pertumbuhan jamur candida yang berlebih dapat memicu masalah terutama pada mereka yang memiliki kondisi autoimun atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Apa yang sebabkan kesehatan usus memburuk? Kesehatan usus terhubung dalam satu atau cara lain ke hampir setiap aspek kehidupan Anda. Berikut adalah beberapa gaya hidup dan faktor medis umum yang dapat membuat kesehatan usus memburuk.


1. Diet
Makanan dapat menjadi bahan bakar yang baik atau memicu penyakit. Jika penyakit, kemungkinan besar hal ini merusak usus yang sehat. Makanan olahan dan manis adalah penyebab paling utama.

2. Obat-obatan
Kebanyakan obat memiliki efek samping, salah satunya adalah permeabilitas usus yang terganggu. Terlalu sering menggunakan antibiotik dapat membunuh bakteri baik di usus. Jaga bakteri baik usus dengan makanan fermentasi atau probiotik.

3. Stres
Kadar tinggi hormon stres kortisol dan penurunan oksigen ke usus adalah penyebab utama stres kronis yang tentu saja dapat membahayakan usus Anda.

4. Masalah autoimun
Sindrom usus bocor adalah penyebab dan efek masalah autoimun. Penyakit ini meningkatkan kadar sitokin pro-inflamasi yang menghancurkan lapisan usus Anda. Karena, sebagian besar sistem kekebalan tubuh terletak di usus Anda.

5. Ketidakseimbangan hormon
Waktu kesembuhan usus yang lambat dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon estrogen, progesteron, testosteron, tiroid dan kortisol. Ini mungkin yang bisa menyebabkan sindrom usus besar tidak kunjung sembuh.

6. Masalah gula darah
Ketika kadar gula dalam darah meningkat, senyawa yang dikenal sebagai produk akhir glikasi lanjut menjadi tinggi dan meningkatkan permeabilitas usus Anda.

7. Masalah neurologis
Usus dan otak Anda terbentuk dari jaringan janin yang sama saat Anda tumbuh di rahim ibu Anda. Mereka meneruskan ikatan khusus ini sepanjang hidup melalui poros usus-otak. Karena kaitan ini, masalah otak dapat menyebabkan sindrom usus bocor dan sebaliknya.




 



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id