Ilustrasi-abc.net
Ilustrasi-abc.net

Manfaat Taichi untuk Kesehatan

Rona bela diri
Raka Lestari • 08 Juli 2020 06:03
Jakarta: Tai chi, tai chi chuan, atau taijiquan, adalah bentuk seni bela diri yang berasal dari Tiongkok dan sudah dilakukan sejak lama. Salah satu keunggulan tai chi adalah dapat dikondisikan dengan cuaca karena olahraga ini bisa dilakukan baik di luar maupun didalam ruangan.
 
Helen Anderson, salah seorang instruktur tai chi di Albany, Australia Barat menemukan bahwa dengan melakukan tai chi dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan memperbaiki postur tubuh.
 
“Saya juga merasa olahraga tai chi lebih menenangkan dan menyenangkan terutama ketika melakukan gerakan-gerakannya," ujar Anderson.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lantaran termasuk dalam olahraga low-impact, tai chi sangat cocok bagi orang yang sudah berusia lanjut yang sudah tidak bisa untuk melakukan gerakan olahraga yang berat. Tai chi juga bisa dilakukan di kursi roda atau dilakukan oleh mereka yang sedang mengalami cedera.
 
Dr Tracy Kolbe-Alexander, dari School of Health and Wellbeing di University of Southern Queensland dan Nardine Presland dari Presland of Exercise and Sports Science Australia, menyebutkan beberapa manfaat tai chi sebagai berikut:
 
1. Mengurangi stres dan meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.
2. Mengurangi nyeri dan kaku dan meningkatkan kesejahteraan pada penderita artritis
3. Meningkatkan kesehatan fisik dan mental bagi pasien diabetes tipe 2.
4. Mengurangi risiko terjatuh dan meningkatkan kemampuan menyeimbangkan tubuh bagi lansia.
5. Meningkatkan kemampuan berjalan dan mengurangi kemungkinan terjatuh pada pasien yang mengalami Parkinson disesase dengan gejala ringan sampai sedang.
 
Peralatan yang diperlukan untuk melakukan tai chi sangatlah mudah. Pada umumnya tai chi merupakan olahraga yang sangat murah karena tidak membutuhkan peralatan spesial.
 
Anda hanya membutuhkan pakaian yang longgar, nyaman dan flat shoes atau bertelanjang kaki. Ada berbagai video tai chi yang bisa Anda dapatkan di internet, meskipun memang melakukan tai chi dengan instruktur bisa mencegah melakukan gerakan yang salah.
 

(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif